Seluruh kecamatan di Pariaman telah miliki TK negeri

id tk negeri,pariaman,pembentukan karakter anak,genius umar

Seluruh kecamatan di Pariaman telah miliki TK negeri

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar menyaksikan anak-anak yang sedang bermain di TK Negeri 01 Pariaman Timur saat peresmian gedung TK tersebut. (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Seluruh kecamatan di Kota Pariaman, Sumatera Barat telah memiliki taman kanak-kanak (TK) negeri sehingga memudahkan anak di daerah itu mendapatkan pendidikan dari pemerintah setempat guna membentuk karakter mereka sejak dini.

“Setiap Kecamatan di Kota Pariaman telah mempunyai Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri. Ini sesuai dengan peraturan pemerintah dan juga telah kita cita-citakan bersama," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat meresmikan pemakaian gedung TK Negeri 01 Kecamatan Pariaman Timur di Pariaman, Jumat.

Ia menyebutkan pembangunan TK Negeri merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal.

Adapun pelayanan minimal tersebut yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Kesetaraan merupakan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah.

Genius mengatakan berdasarkan PP tersebut ia membuat instruksi Wali Kota Pariaman Nomor : 420/1429/Dikpora-2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Perluasan Akses dan Peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Pariaman.

Ia berharap kehadiran TK Negeri atau TK Pembina tidak dianggap sebagai saingan bagi PAUD atau TK swasta namun harus menjadi contoh untuk memberikan peningkatan mutu pendidikan di Pariaman.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Hertati Taher mengatakan TK Negeri 01 Pariaman Timur dibangun akhir 2022 namun sudah menerima anak pada tahun ajaran baru pada tahun tersebut.

Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang meningkatkan partisipasi anak mendapatkan pendidikan serta memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya anak mendapatkan pendidikan sejak dini guna membentuk karakter mereka.

"Jadi sosialisasi kepada orang tua pun kami tingkatkan, karena sekolah itu bukan kemauan anak tapi justru orang tua yang harus mengarahkan anak," katanya.

Selama ini, lanjutnya anak-anak di Kecamatan Pariaman Timur belajar dan bermain di TK Swasta dan TK Desa. Sedangkan untuk kecamatan lainnya yaitu Pariaman Tengah, Utara, dan Selatan telah memiliki TK negeri.

Ia menjelaskan TK Desa merupakan TK yang dibentuk oleh pemerintah desa setempat yang dana operasionalnya diambil dari dana desa.

Ia menyebutkan saat ini Pariaman telah memiliki empat TK Negeri atau Pembina di empat kecamatan yang ada di daerah itu. Tercatat saat ini jumlah satuan PAUD di Pariaman mencapai 103 lembaga yang 86 lembaga di antaranya telah diakreditasi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023