Ini cara TK Negeri Pembina Lengayang Pesisir Selatan sukseskan Gernas Baku

id TK Negeri Pembina Lengayang

Ini cara TK Negeri Pembina Lengayang Pesisir Selatan sukseskan Gernas Baku

Suasana Gernas Baku di TK Negeri Pembina Lengayang. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lengayang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Bacakan Buku (Gernas Baku) dengan melibatkan peserta didik dan orangtuanya.

"Dalam pelaksanaanya kami sengaja mengundang orang tua ke sekolah dan secara serentak membacakan buku ke anak-anaknya," kata Kepala TK Negeri Pembina Lengayang, Harmanelis di Painan, Sabtu.

Setelah orang tua membacakan buku, peserta didik diminta satu per satu tampil ke depan kelas untuk kembali menceritakan bacaan dari orangtuanya.

"Alhamdulillah respon peserta didik dan orang tua cukup bagus," imbuhnya.

Menurutnya banyak hal positif yang didapat dari kegiatan tersebut, seperti mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua, serta menumbuhkembangkan minat dan budaya membaca sejak dini.

Berikutnya juga untuk meningkatkan keinginan membaca serta meningkatkan kemampuan masing-masing peserta didik dan lain sebagainya.

"Kegiatan ini akan membuat anak-anak semakin penasaran dengan buku bacaan, sehingga ia pada beberapa akan bertanya perihal gambar dan tulisan yang ada di buku," katanya lagi.

Momentum tersebut, lanjutnya bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk menjelaskan secara rinci agar pengetahuan sang anak semakin bertambah dan pada sisi lain rasa penasarannya pun terjawab.

Gernas Baku di TK Negeri Pembina Kambang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan beberapa rangkaian kegiatan yang menarik lainnya. (*)