Sekda Dharmasraya dorong masyarakat bangun pola hidup sehat

id Sekda, pola hidup sehat

Sekda Dharmasraya dorong masyarakat bangun pola hidup sehat

Sekda Dharmasraya Adlisman. (ANTARA/Kominfo Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) Adlisman mendorong masyarakat daerah itu untuk membangun pola hidup sehat melalui konsumsi makanan bergizi dan aktivitas fisik.

"Kita juga mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup, dan juga mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi," katanya di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan dorongan pola hidup sehat telah digerakkan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 berapa waktu lalu. Tema yang diangkat pada HKN kali ini adalah "Bangkit Indonesiaku, sehat negeriku"

Menurutnya melalui tema tersebut pemerintah tengah menggambarkan bangkitnya optimisme seluruh lapisan masyarakat secara bersama dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan tantangan yang pemerintah sangat berat, semua negara sedang menghadapi ujian krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 yang sepenuhnya belum pulih. Namun di tengah tantangan itu, Indonesia termasuk negara yang mampu mengendalikan COVID-19.

Meskipun Situasi COVID-19 sudah membaik namun jangan membuat masyarakat lalai dengan disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Di saat pemerintah dihadapkan pada masalah pandemi, pemerintah daerah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya Seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," ungkapnya.

Ia menambahkan pandemi menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, dimana Kemenkes sedang melakukan transformasi sistem kesehatan berfokus pada enam pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan. Sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang. *