Protes guncang pasar China, investor harap Beijing cabut pembatasan COVID

id Covid China,guncang pasar,protes di China,kebijakan nol Covid

Protes guncang pasar China, investor harap Beijing cabut pembatasan COVID

Foto Dokumen: Petugas polisi berjaga-jaga ketika orang-orang memprotes pembatasan penyakit virus corona (COVID-19) dan mengadakan acara untuk memperingati para korban kebakaran di Urumqi, ketika wabah penyakit virus corona terus berlanjut, di Beijing, China, 27 November 2022. ANTARA/REUTERS/Thomas Peter

London, (ANTARA) - Protes yang jarang terjadi di seluruh China atas kebijakan nol-COVID-19 Beijing mungkin telah menimbulkan gelombang baru ketidakpastian politik, tetapi juga dapat mempercepat pembukaan kembali ekonomi nomor dua dunia itu, kata investor asing, Senin (28/11/2022).

Saham China pada Senin (28/11/2022) mengalami hari terburuk mereka dalam sebulan dan mata uangnya juga jatuh, sementara saham global berada di bawah tekanan dan harga minyak merosot lebih dari 3,0 persen karena pengunjuk rasa menunjukkan pembangkangan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak Presiden Xi Jinping mengambil alih kekuasaan satu dekade yang lalu.

"Protes menjadi perhatian dalam jangka pendek," Seema Shah, kepala strategi di Principal Global Investors yang mengelola aset 500 miliar dolar AS mengatakan kepada Reuters, menambahkan bahwa peristiwa terbaru mendukung pandangan bahwa angin sedang berubah.

"Meskipun kami berhati-hati, ada perubahan penting yang terjadi dengan pembukaan kembali COVID."

Pasar China mengalami tahun yang menantang, menderita campuran penghindaran risiko politik setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari serta kekhawatiran atas pertumbuhan ekonominya karena pembatasan COVID yang ketat dan dampak dari kesulitan sektor propertinya.

Portofolio obligasi China telah membukukan arus keluar setiap bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina dengan total 105,1 miliar dolar AS selama sembilan bulan, menurut data dari Institute of International Finance (IIF). Portofolio saham China kehilangan 7,6 miliar dolar AS pada Oktober saja, terbesar sejak Maret.

Pada Senin (28/11/2022), yuan di pasar internasional melemah terhadap dolar menjadi 7,2468 dan dolar Australia yang sensitif terhadap risiko, yang sangat terkait dengan pertumbuhan China, adalah mata uang utama dengan kinerja terburuk, turun 1,61 persen menjadi 0,6649 dolar AS.

Saham Apple Inc turun 2,7 persen karena keresahan pekerja di pabrik iPhone terbesar dunia di China memicu kekhawatiran pukulan yang lebih dalam pada produksi ponsel kelas atas yang sudah terbatas.

Protes terhadap kebijakan nol-COVID yang ketat di China dan pembatasan kebebasan telah menyebar ke setidaknya selusin kota di seluruh dunia untuk menunjukkan solidaritas dengan tampilan pembangkangan yang jarang terjadi di China selama akhir pekan.

"Rekor kasus di beberapa kota menguji kebijakan (nol-COVID) dan kerusuhan menyoroti besarnya tantangan yang dihadapi Presiden Xi Jinping dan komitmennya terhadap nol-Covid," kata Craig Erlam, analis pasar senior di OANDA.

"Kombinasi dari semua ini menciptakan ketidakpastian besar, baik dalam hal bagaimana protes ditangani dan apa arti seluruh pengalaman bagi masa depan kebijakan dan ekonomi."

Protes itu merupakan pembangkangan publik terkuat selama karir politik Xi, kata analis China.

Demografi

Harapan bahwa Beijing dapat melonggarkan beberapa pembatasan COVID yang keras baru-baru ini mengangkat pasar dari posisi terendahnya dalam setahun yang telah membuat blue chips domestik dan indeks Hong Kong jatuh lebih dari 20 persen tahun ini.

"Peristiwa terbaru akan memperkuat kemungkinan pembukaan kembali," kata Vincent Mortier, kepala investasi grup di Amundi, manajer aset terbesar di Eropa.

Penderitaan ekonomi terkait COVID mulai menjadi isu politik di China, berdampak pada pengangguran kaum muda di kota-kota besar, dan menambah tekanan pada Beijing, yang ingin "menghindari kerusuhan sosial", kata Mortier.

Demografi telah menjadi titik tekanan utama bagi China, yang telah melihat pengangguran kaum muda mencapai rekor tertinggi sekitar 20 persen pada Juli.

Jika protes berlanjut, ini akan menambah premi risiko, kata Sean Taylor, kepala investasi untuk Asia-Pasifik di DWS Group.

Manajer aset 833 miliar euro itu memperkirakan bahwa saham China dapat melihat reli 15-20 persen setelah China keluar dari nol-COVID, meskipun pasar bisa "cukup menantang" sampai saat itu.

Richard Tang, analis riset ekuitas untuk Asia di Julius Baer, mengatakan investor luar negeri lebih khawatir tentang peristiwa baru-baru ini daripada rekan-rekan mereka di dalam negeri, berpotensi mengangkat pasar ekuitas dalam negeri.

Tang memperkirakan bahwa jika tidak ada eskalasi besar dalam situasi ini, investor akan segera mengalihkan fokus kembali ke Konferensi Kerja Ekonomi Pusat Partai Komunis yang berkuasa pada Desember, yang menetapkan agenda ekonomi untuk sesi parlemen, dan dapat mengonfirmasi 'poros kebijakan' COVID.

Yang lainnya lebih berhati-hati. Ketidakpuasan sosial yang berasal dari kebijakan nol-COVID menambah risiko dalam melaksanakan dan menerapkan kebijakan pemerintah, kata Mark Haefele, CIO manajemen kekayaan global di UBS di Zurich.

"Kami tidak memperkirakan hambatan ekonomi atau pasar di China akan mereda secara signifikan selama beberapa bulan mendatang," kata Haefele dalam sebuah catatan kepada klien.

"Akibatnya, kami tetap netral terhadap ekuitas China. Kami juga memandang pemulihan lambat China sebagai risiko bagi ekonomi dan pasar global." (*)

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Investor harap Beijing cabut pembatasan COVID, protes guncang pasar