Polda Sumbar tetapkan tersangka kasus dugaan penipuan di media sosial

id Polda Sumbar,Berita sumbar,Kasus Penipuan sumbar,Berita padang

Polda Sumbar tetapkan tersangka kasus dugaan penipuan di media sosial

Para korban penipuan akun instagram @buttonscrves_byoliv melaporkan pemiliknya ke Polda Sumbar beberapa waktu lalu.

Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat resmi menetapkan pemilik akun instagram @buttonscrves_byoliv dan Dkulinerkita, Lyvia Araini tersangka dalam dugaan kasus penipuan melalui media sosial.

"Ini tindak lanjut dari laporan sejumlah korban dari pemilik akun instagram tersebut. Tim Ditreskrimsus telah menetapkan tersangka pada Senin (21/11) lalu," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Senin (28/11).

Ia mengatakan, gelar penetapan tersangka pada "OL" terkait perkara dugaan kasus menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.

"Penetapan tersangka ini melewati sejumlah proses yang dil‎akukan tim Cyber Crime Polda Sumbar, mulai dari memintai keterangan saksi korban, terlapor, begitu juga keterangan saksi ahli," ujar Dwi.

Tersangka dijerat dengan pasal 28 ayat 1 UU ITE, dengan korban berinisial "GA". Korban menderita kerugian Rp43.485.000.

"Prosesnya berawal dari laporan hingga naik ke status penyidikan. Saat ini penyidik masih melengkapi berkas acara pemeriksaannya," katanya.

Tersangka telah ditahan di Polres Payakumbuh dengan kasus yang berbeda, yakni, dugaan penganiayaan.

"Berkas perkara di polda tetap lanjut‎, meski tersangka ditahan di Polres Payakumbuh dengan kasus yang berbeda," kata dia.

Sebelumnya,‎ pemilik akun Instagram‎ @buttonscrves_byoliv, Lyvia Araini,‎ dilaporkan ke Polda Sumbar. Dua laporan para korban ini terkait pembelian bahan sembako dan produk scarf.

Kasus dugaan penipuan melalui media sosial yang dilakukan pemilik akun Instagram Dkulinerkita dan @buttonscrves_byoliv,‎ Lyvia Araini, saat ini sudah memasuki babak baru. Kasus ini telah dilaporkan oleh Chintia Putri Utami Cs ke Polda Sumbar dengan motif dan produk yang b‎erbeda.

Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya dengan jaringan Telkomsel.