Bupati Pessel terima visitasi tim monev KI Sumbar

id Monev KI, KIP, Bupati Rusma, keterbukaan informasi

Bupati Pessel terima visitasi tim monev KI Sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar foto bersama tim Monev KI Sumbar. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menerima visitasi tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat 2022, di Pesisir Selatan, Kamis.

Tim Monev KIP terdiri ataa Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Noval Wiska, Arif Yumardi (Ketua Monev), Tiwi Utami (Komisioner) dan staf komisioner diterima Bupati Rusma Yul Anwar, didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kebupaten Pesisir Selatan, Junaidi, A.Kom, S,E ME dan Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) Utama serta Kepala Bidang/Seksi terkait urusan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika.

Komisi Informasi melakukan tahapan vefirikasi faktual terhadap sembikan badan publik di Kabupaten Pesisir Selatan dalam rangka monitoring dan evaluasi KIP tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

Sembilan badan publik meliputi, PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan, empat

pemerintahan nagari, meliputi Nagari Taratak smSungai Lundang, Nagari Bunga Pasang Salido, Nagari Kubu Tapan, dan Nagari Durian Seribu.

Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum Pesisir Selatan, Bawaslu, dan dua sekolah, yakni MAN 1 Pessel dan SMA 1 Bayang.

Tahun ini menjadi tahun ke 5 PPID Pessel sampai tahapan ini, sebelumnya menjadi PPID terbaik selama 4 tahun berturut-turut.

Penilaian verifikasi faktual terdiri dari pengecekan langsung dokumen badan publik, serta melihat komitmen, kolaborasi, konsistensi, koordinasi dan inovasi.

Inovasi yang diimplementasikan di badan publik Kabupaten Pesisir Selatan, di antaranya.

Pertama; inovasi Pengembangan Pengajuan Permohona Informasi Publik secara Online dan Buku Tamu Digital dengan sistem QRCode.

Kedua, inovasi “TANPA BATAS” (Transparansi dan Pelayanan Informasi Bagi Disabilitas). Ketiga: inovasi optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi dan Informasi.

Berikutnya, optimalisasi penyebaran informasi yang mudah diakses masyarakat Program Talkshow “GAUANG PASISIE” pada YOUTUBE PPID.

Kemudian, transparansi anggaran, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memaksimalkan Sosialisasi PPID dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya Hak Untuk Tahu.

Selain itu, ada inovasi pengembangan Aplikasi Opendata menyajikan data-data dari seluruh satuan dan Unit Kerja di Pemerintah Kab. Pessel. (http://opendata.pesisirselatankab.go.id/)

Juga ada inovasi aplikasi berbasis Android "Pesisir Selatan Dalam Genggaman”.

Tahun ini Nagari Bunga Pasang Salido juga diutus sebagai Nagari Perwakilan Sumatera Barat untuk bersaing di tingkat nasional dalan hal Keterbukaan Informasi Publik.*