Masjid Nurul Ikhlas Andalas kini berstatus ramah anak

id berita padang, berita sumbar masjid ramah anak

Masjid Nurul Ikhlas Andalas kini berstatus ramah anak

Pencanangan Masjid Ramah Anak di Masjid Nurul Ikhlas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Masjid Nurul Ikhlas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang dicanangkan sebagai masjid ramah anak di Kota Padang, pada Minggu.

Pencanangan dihadiri oleh Camat Padang Timur mewakili Wali Kota Padang, Dinas P3AP2KB Kota Padang, PD DMI Kota Padang, Yayasan Ruang Anak Dunia, Forum Anak Padang, KUA Padang, Kapolsek Padang Timur, Para Santri TPQ, Majelis Taklim Nurul Ikhlas, Remaja Masjid Nurul Ikhlas, Jamaah Nurul Ikhlas, dan tokoh pemuka di masyarakat.

Camat Padang Timur Siska Meilani melalui siaran pers yang diterima di Padang, Minggu berharap program Masjid Ramah Anak mampu menghasilkan generasi penerus yang mencintai agama islam.

"Kami dari unsur pemerintah daerah tingkat kecamatan mendukung dan berupaya supaya hak-hak anak kecamatan Padang Timur tetap terlindungi," katanya.

Ia menyampaikan dengan peluncuran Masjid Nurul Ikhlas Andalas sebagai masjid ramah anak tingkat kecamatan , maka semakin bertambah fasilitas yang dapat dinikmati dan diminati anak untuk meningkatkan ibadah dan keinginan belajar ke masjid.

"Kami juga sedang semangat untuk mewujudkan kecamatan layak anak, masjid sebagai rumah ibadah juga menjadi indikator yang harus dipenuhi. Kami berharap masjid lainnya di kecamatan Padang Timur juga dapat mendeklarasikan diri sebagai masjid ramah anak," katanya.

Ia juga memberikan selamat untuk takmir Masjid Nurul Ikhlas Andalas yang selalu mempunyai semangat dan inovasi dalam mengembangkan masjid sebagai pusat peradaban umat.

Sementara Ketua Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Andalas Heksan mengatakan pihaknya telah lama memiliki program yang bertujuan mengajak anak ke masjid, yakni salah satunya program subuh mubarokah dengan cara memberi bantuan beasiswa pendidikan kepada anak yang rajin shalat subuh berjamaah dengan membawa orang tua ke masjid.

Bantuan beasiswa pendidikan tersebut diberikan pada akhir bulan dan sudah berjalan hampir lima tahun. Disamping itu kami juga mempunyai pedoman pelaksanaan program subuh mubarokah, ujarnya.

Ia menyadari masih banyak yang perlu ditingkat guna memicu keinginan anak untuk datang ke masjid, namun dengan komitmen peluncuran

masjid ramah anak ini, telah menjadi bukti bahwa pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan semua pihak untuk memenuhi indikator masjid ramah anak yang telah tertuang dalam pedoman tingkat nasional

Sejalan dengan itu Ketua Harian DMI Kota Padang Djohardi mengapresiasi Masjid Nurul Ikhlas Andalas yang telah mencanangkan

masjid ramah anak.

"Ini adalah program yang telah dilaksanakan dan disepakati oleh PP DMI bersama Kemenang RI dan KemenPPPA RI dengan nama program Semarak yaitu Sejuta Masjid Ramah Anak," katanya.

Sementara Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana mengatakan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Kota Layak Anak, telah mengatur indikator Kota Layak Anak terdiri atas 24 indikator.

Pada indikator nomor 20 KLA ada Pusat Kreativitas Anak melalui penyelenggaraan Rumah Ibadah Ramah Anak yang salah satunya adalah Masjid Ramah Anak.

"Saat ini telah ada tiga masjid di Kota Padang yang berstatus ramah anak yaitu Masjid Nurul Ikhlas Andalas Kecamatan Padang Timur, Masjid Darul Huda Kecamatan Nanggalo dan Masjid Baitul Arafah Banuaran Kecamatan Lubuk Begalung," kata dia.