BNN gandeng BTN berantas narkoba dan TPPU

id BNN,BTN,War On Drugs

BNN gandeng BTN berantas narkoba dan TPPU

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Petrus Reinhard Golose dengan Direktur Utama PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo di Menara BTN, Jakarta, Rabu (21/9/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) untuk memberantas peredaran narkoba dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“BNN RI dan PT BTN (Persero) gelorakan 'War on Drugs' bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia bersih narkoba,” kata Kepala BNN RI Petrus Reinhard Golose setelah menandatangani nota kesepahaman dengan BTN di Menara BTN, Jakarta, Rabu.

Petrus mengatakan bahwa narkotika tidak memandang profesi. Semua profesi pernah terlibat kasus narkotika.

“Pada waktu COVID-19 menimpa, kami ukur angka prevalensinya. Dalam rentang 2019-2021, angkanya naik walaupun hanya sedikit, hanya 0,15 persen,” ucap Petrus.

Oleh karena itu, Petrus menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, salah satunya PT BTN (Persero) sebagai upaya untuk meminimalisir peredaran narkotika di Indonesia.

Terkait dengan tindak pidana narkotika, tutur Petrus, BNN menjalin kerja sama dengan pihak perbankan untuk memberantas tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kita bisa meminta bantuan atau kerja sama dengan unsur-unsur perbankan untuk kita tracing yang berkaitan dengan pencucian uang,” ucap Petrus.

Dalam kesempatan tersebut, Petrus tak lupa menegaskan bahwa yang terpenting dari kerja sama dengan PT BTN (Persero) adalah komitmen dari masing-masing pihak untuk menjamin kelancaran kerja sama.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Haru (Direktur Utama PT BTN (Persero) Tbk dan jajarannya karena kita bisa menandatangani MoU antara BNN bersama dengan PT BTN (Persero). Yang paling penting dari hal ini adalah komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika dan prekursornya,” kata Petrus.

Direktur Utama PT BTN (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman dengan BNN merupakan wujud komitmen BTN sebagai salah satu agen pembangunan yang ingin berpartisipasi dan memastikan bahwa generasi muda Indonesia adalah generasi yang sehat dan bebas dari narkotika.

“Bank BTN berkomitmen dan siap mendukung BNN untuk memastikan keselamatan generasi muda, generasi masa depan bangsa dari narkotika, dan obat-obatan terlarang,” ucap Haru.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNN kerja sama dengan BTN berantas narkoba dan TPPU