PLN gelar aksi pembersihan jalur distribusi ROW secara serentak, guna tingkatkan keandalan pasokan

id PLN, tim ROW, jaringan distribusi, SUTM

PLN gelar aksi pembersihan jalur distribusi ROW secara serentak, guna tingkatkan keandalan pasokan

Tim ROW PLN melakukan pembersihan jalur distribusi ROW, guna meningkatkan keandalan pasokan listrik. (ANTARA/HO-PLN)

Parik Malintang (ANTARA) - PLN secara serentak melakukan aksi pembersihan jalur distribusi ROW (right of way) yang melibatkan tim ROW di wilayah kerja Unit Layanan Pelanggan Pariaman, Sicincin dan Lubuk Alung (Pasila), guna meningkatkan keandalan pasokan listrik jelang peringatan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2022.

ROW dilakukan mulai dari Batas Kota Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan lokasi tersebar di Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Sabtu

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menuturkan kegiatan ROW adalah upaya PLN meningkatkan keandalan jaringan dan pelayanan kepada pelanggan sekaligus wujud kepedulian terhadap optimalisasi aset PLN.

“ROW merupakan langkah efektif yang PLN lakukan untuk mengamankan jaringan listrik ke masyarakat. Pepohonan yang berada di sekitar jaringan listrik perlu dilakukan pemangkasan dan penebangan karena sudah melewati jarak batas aman dan tentunya beresiko menimbulkan gangguan serta sangat membahayakan kalau dibiarkan,” ungkap Toni.

Toni menambahkan ROW atau pemangkasan pohon yang digelar hari ini merupakan wujud komitmen PLN dalam mengamankan jaringan listrik khususnya jelang HPN 2022.

”Menjaga keandalan listrik adalah tugas kami, dan oleh karena itu akan kami maksimalkan setiap langkah preventifnya. Saat ini, salah satu penyebab utama terjadinya padam adalah sentuhan tanaman dan layangan yang tersangkut, itu yang harus kita antisipasi,” imbuh Toni lagi.

Manager ULP Lubuk Alung Dedi Yudison menuturkan posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter.

"Kegiatan seperti ini kami laksanakan setiap bulan agar masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman. Khusus menjelang HPN, fokus pekerjaan pembersihan ROW yang meliputi pemangkasan, penebangan pohon, dan eksekusi pembebasan jaringan yang tidak memenuhi standar dari Jaringan SUTM,” ujar Dedi.

PLN mengapresiasi dukungan dari Pemerintah, Instansi serta masyarakat setempat yang mendukung serta mengizinkan pemangkasan pohon yang mengenai jaringan sebagai upaya untuk meningkatkan keandalan listrik sehingga pelayanan PLN semakin maksimal.
Tim ROW PLN melakukan pembersihan jalur distribusi ROW, guna meningkatkan keandalan pasokan listrik. (ANTARA/HO-PLN)