Hasil workshop makrame akan dipamerkan ke masyarakat

id Makrame, PMKM

Hasil workshop makrame akan dipamerkan ke masyarakat

Kaum Perajin Perempuan memperlihatkan hasil olahannya. (ANTARA/HO-DIskominfo)

Padang Panjang (ANTARA) - Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri (PMKM) Kota Padang Panjang mengadakan Workshop Inovasi Seni Kerajinan Makrame Bagi Kaum Perajin Perempuan sejak 26 Agustus lalu hingga Kamis (1/9) ini.

Hasilnya, direncanakan bakal dipamerkan dalam waktu dekat.

“Produk yang dihasilkan dari workshop ini akan dipamerkan ke masyarakat. Rencananya pada akhir September atau awal Oktober,” ungkap Ketua Pelaksana, Asmidar seperti dirilis, Rabu.

Diikuti 20 peserta di Hotel Pangeran, kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan program Fasilitasi Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Seni kerajinan Makrame termasuk kerajinan yang tidak menggunakan jarum. Melainkan menggunakan benang dan keahlian tangan,” jelas Asmidar.

Disebutkannya, seni kerajinan Makrame ini belum pernah ada di Kota Padang Panjang. Untuk itu, kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah trend baru yang dapat dilihat warga kota.

Adapun produk yang dihasilkan dari workshop ini berupa tas, hiasan dinding maupun produk fungsional lainnya.

“Kegiatan ini diadakan untuk mengembangkan bakat dan keahlian kaum perajin perempuan terhadap keindahan seni dan kearifan lokal,” sebutnya.*