IWAPI Sawahlunto siap bantu UMKM mendaftar e-katalog

id IWAPI Sawahlunto,IWAPI Sumbar,Berita Sawahlunto,Berita sumbar

IWAPI Sawahlunto siap bantu UMKM mendaftar e-katalog

Ketua DPC IWAPI Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenty Zohirin mengibarkan panji IWAPI disaksikan Wali Kota Deri Asta dan Ketua DPD IWAPI Sumbar Eti Nurhayati, dalam pengukuhan organisasi itu, Senin. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menyatakan siap membantu UMKM yang digerakkan oleh perempuan di kota itu untuk dapat bergabung pada pengadaan barang/jasa milik pemerintah dengan mendaftarkan diri pada e-katalog.

"Kita sekarang sedang menyusun program kerja, dimana salah satu prioritas itu adalah mendukung UMKM khususnya yang dikelola perempuan untuk terdaftar pada e-katalog. Sebelum itu, langkah pertama kita mulai dengan melaksanakan update (pembaruan) pendataan UMKM sehingga kalau sudah komplit datanya nanti kita pun jelas apa yang bisa didukung dan apa solusi yang bisa ditawarkan kalau mereka ada kendala," kata Ketua DPC IWAPI Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenty Zohirin, di Sawahlunto, Senin.

Dia menyebut potensi UMKM yang dikelola oleh perempuan di Sawahlunto cukup besar, maka kehadiran IWAPI adalah dalam berkontribusi memberdayakan UMKM tersebut.

"IWAPI siap berperan dari sejumlah aspek, termasuk juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola UMKM yang bisa kita garap dengan menjembatani mereka mengikuti pelatihan-pelatihan contohnya. Kemudian kita siap bantu juga meningkatkan sinergi antar UMKM sehingga menciptakan kekuatan dalam berusaha," katanya.

Neldaswenti menyebut dalam upaya menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi, IWAPI juga merancang bagaimana perempuan-perempuan pengelola UMKM bisa mengenal dan menguasai pemasaran secara online baik secara online shop atau pun media sosial.

Ia mengatakan kepengurusan DPC IWAPI Sawahlunto sekarang berjumlah 40 orang anggota, nantinya ditargetkan bisa mencapai 100 orang anggota yang bergabung.

Kemudian Ketua DPD IWAPI Sumbar Eti Nurhayati yang mengukuhkan kepengurusan DPC IWAPI Kota Sawahlunto menyampaikan selamat dan berpesan agar jajaran IWAPI di Sawahlunto bisa menjaga semangat dan kebersamaan.

"Ada tiga tema yang menjadi pilar IWAPI yaitu kolaborasi, inovasi dan digital. Saya mengajak para pengurus dan anggota agar pilar-pilar ini dipahami betul dan dapat diterapkan ke dalam program kerja," kata dia.

Sementara Wali Kota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi dan menilai IWAPI sebagai mitra strategis Pemkot Sawahlunto dalam mendukung dan memberdayakan UMKM.

"Sesuai misi Pemkot Sawahlunto, kita memang berpihak dan memberikan perhatian banyak pada ekonomi produktif yang digerakkan masyarakat. Saat ini kita lihat sudah banyak perempuan Sawahlunto yang berperan aktif dalam UMKM, kita komitmen mendukung dan sekarang hadir IWAPI sebagai mitra dalam realisasi komitmen itu," kata dia.

Wali Kota Deri dalam kesempatan yang sama menyampaikan kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bersama-sama mendukung dan memfasilitasi program kerja IWAPI. (Yudha Ahada)