Baso juara umum MTQ Nasional tingkat Agam

id MTQ Nasional tingkat Agam,Berita agam,Berita sumbar

Baso juara umum MTQ Nasional tingkat Agam

Bupati Agam Andri Warman menyerahkan tropi juara ke Camat Baso Rio Eka Putra. (ANTARA/HO-Dok Diskominfo Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Kecamatan Baso, Kabupatem Agam, Sumatera Barat keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XL setempat di Kecamatan Palupuh pada 26-30 Mei 2022.

Trofi juara umum diserahkan langsung Bupati Agam Andri Warman kepada Camat Baso Rio Eka Putra pada penutupan MTQ Nasional ke XL pada Senin (30/5) malam.

Koordinator Dewan Hakim MTQ ke XL, Marjanis di Lubukbasung, Selasa, mengatakan Baso berhasil mengumpulkan 83 poin dengan memperoleh 11 juara pertama, tujuh juara dua dan tujuh juara tiga.

"Baso meraih 11 juara pertama dari 34 cabang diperlombakan," katanya.

Ia mengatakan, juara dua diraih Kecamatan Kamangmagek dengan perolehan delapan juara satu 10 juara dua dan empat juara dua total poin 74.

Kemudian peringkat ketiga diraih Kecamatan Ampekangkek dengan memperoleh delapan juara satu, delapan juara dua dan delapan juara tiga total poin 72.

"Pada MTQN ke-XXXIX Agam juara umum diraih Kecamatan Sungaipua, tahun ini turun peringkat keenam," katanya.

MTQ digelar selama tiga hari pada 27-30 Mei 2022. Lomba ini terdiri dari dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Untuk babak penyisihan dilaksanakan pada Jumat (27/5) dan Sabtu (28/5), sedangkan babak final dilaksanakan pada Minggu (29/5).

Sementara Bupati Agam Andri Warman mengucapkan selamat ke Kecamatan Baso yang telah meraih juara umum.

"Selamat untuk Kecamatan Baso yang telah meraih juara umum," katanya.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya MTQ Nasional ke XL dapat meningkatkan marwah Agam ke level yang lebih tinggi lagi untuk MTQ Nasional tingkat Sumbar.

Pada MTQ tingkat Sumbar, Agam peringkat lima dan mudah-mudahan MTQ berikutnya Agam naik tingkat lagi kalau perlu jadi juara umum.