UNP luncurkan Virtual Expo Program Mahasiswa Wirausaha

id berita padang,berita sumbar,unp

UNP luncurkan Virtual Expo Program Mahasiswa Wirausaha

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D menekan tombol peluncuran virtual expo yang didampingi oleh Kepala UPT. PKK dan Majelis Wali Amanat di Padang, Selasa, (Antarasumbar/HO-Humas UNP)

Aplikasi virtual expo UNP merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan memasarkan produknya,
Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha "Virtual Expo" yang diikuti oleh 100 kelompok mahasiswa dan UMKM yang ada di Sumbar, Selasa.

Kepala UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKK) UNP Prof Asmar Yulastri, Ph.D di Padang mengatakan pengembangan usaha melalui media digital sangat dibutuhkan pada era ini.

"Aplikasi virtual expo UNP merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan memasarkan produknya, maka geliat usaha mahasiswa binaan UPT. PKK mengalami peningkatan apalagi kalau dikemas secara digital," ucapnya.

Ia mengatakan pemasaran online sudah menjadi tren maka dari itu UPT. PKK untuk pertama kalinya menggelar expo secara online.

Asmar mengatakan pengguna internet di Indonesia sudah lebih 175 juta orang, ini menjadi potensi bagi pelaku bisnis. Dari penelitian, dalam satu menit ditemukan lebih dari 50 jam konten diunggah lewat YouTube dan 695 ribu cerita dibagikan di Instagram.

"Begitu lah sekarang dunia internet, ini adalah peluang yang sangat potensial bagi pelaku bisnis terutama bisnis bagi milenial yang sangat akrab dengan internet," katanya.

Ia berharap kegiatan expo ke depan akan semakin diminati dan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa dalam memasarkan produk atau menjalin jejaring, serta bagi UMKM yang ada di Sumbar.

Sementara Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D mengapresiasi kegiatan virtual expo yang pertama kali diinisiasi oleh UPT.PKK tersebut.

"Kegiatan ini memberi kontribusi untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) lembaga, diharapkan para wirausaha muda dari kalangan mahasiswa dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini karena bisa menjadi akses pemasaran produknya dan juga sekaligus bisa belanja," katanya.

Kegiatan ini juga diisi dengan Kuliah Umum Kewirausahaan yang menampilkan pembicara seorang entrepreneur Kepala Badan Pengembangan Usaha (BPU) dan juga salah seorang alumni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNP, Darmizon Piliang.

Dalam kegiatan ini dilakukan penekanan tombol peluncuran virtual expo oleh Rektor UNP, penyajian virtual expo oleh narasumber. Hadir dalam kegiatan ini pimpinan UNP, Bank Mitra UNP, Kepala Kadis Perdagangan Provinsi, dan mahasiswa serta pelaku UMKM.