Agus Harimurti Yudhoyono bermalam di objek wisata Puncak Aua Sarumpun Tanah Datar

id Agus Harimurti Yudhoyono,objek wisata Puncak Aua Sarumpun Tanah Datar,berita Tanah Datar,Tanah Datar terkini,berita sumbar

Agus Harimurti Yudhoyono bermalam di objek wisata Puncak Aua Sarumpun Tanah Datar

Agus Harimurti Yudhoyono berada di objek wisata Puncak Aua Sarumpun Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung dan bermalam di objek wisata Puncak Aua Serumpun Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

AHY bermalam di sebuah tenda kemping bersama komunitas overlanding, yaitu sebuah komunitas penjelajah alam Indonesia yang bertujuan untuk mengekspos dan mempromosikan destinasi wisata.

"Kita ke sini bukan membahas masalah politik, tapi yang terpenting bagaimana kita mempromosikan Tanah Datar hingga menjadi destinasi berkelas dunia," kata AHY saat kemping bersama komunitas overlanding di Puncak Aua Sarumpun Selasa (22/3) malam.

Ia mengatakan saat sampai di Puncak Aua Sarumpun ia mengaku kagum dengan keindahan alam di daerah setempat dengan pemandangan lepas Danau Singkarak.

"Kita bersyukur bisa berada di tempat yang indah ini. Selama ini saya hanya bisa melihat Aua Sarumpun di google, semoga besok pagi saya terbangun bisa melihat Danau Singkarak dari sini," ujarnya.

Ia mengatakan kedatangannya bersama sejumlah sahabat dari Jakarta ke Sumatera Barat juga bertujuan untuk melakukan misi kemanusiaan membangun empati, simpati, kemanusiaan yang terdampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu dia juga mengapresiasi semangat pantang menyerah masyarakat Sumatera Barat yang ingin selalu bangkit pasca-keterpurukan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan Puncak Aua Sarumpun merupakan salah satu destinasi unggulan dari 97 destinasi lainnya di Tanah Datar.

Ia bermimpi di puncak itu akan dibangun cable car atau kereta gantung menuju pantai mutiara di tapian Danau Singkarak.

"Saat itu kami berkunjung ke sini bersama Wakil Bupati, kami ingin membuat cable car (kereta gantung) dari sini ke Tanjung Mutiara, dan nantinya di dermaga Danau Singkarak kita juga adakan kapal pesiar, tapi bukan titanik ya," katanya.

Ia mengatakan dalam pemerataan destinasi wisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat Pemerintah Kabupaten Tanah Datar membuat program setiap nagari memiliki satu even wisata.

"Di Kabupaten Tanah Datar lebih kurang ada 97 destinasi, supaya tidak tertumpu di satu titik kami bikin satu nagari itu ada destinasinya," kata dia.

Ia berharap kunjungan AHY ke Tanah Datar bersama komunitas overlanding Sumatera Barat bisa mempromosikan wisata-wisata di Tanah Datar. (*)