LKBN Antara jajaki kerja sama terkait Datastream dengan UNP

id LKBN Antara ,unp,Datastream

LKBN Antara jajaki kerja sama terkait Datastream dengan UNP

Wakil Rektor IV Prof Dr Yasri (dua kiri) berfoto bersama Tim dari LKBN ANTARA usai melakukan audiensi di Gedung Rektorat UNP. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

PadangĀ  (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Antara menjajaki kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) terkait penggunaan Datastream atau Refinitiv Eikon guna memperkuat relasi antar perguruan tinggi.

GM Layanan Data LKBN Antara Julfan Nurhadi di Padang, Kamis mengatakan kerja sama ini nantinya juga akan meningkatkan kesempatan bagi dosen, mahasiswa dan peneliti untuk membantu mengakses keuangan global.

"Selaras dengan tujuan program ini, Eikon Datastream akan membantu meningkatkan kemampuan analitik dan riset di bidang keuangan," ucapnya.

Ia menjelaskan Refinitiv Eikon atau Datastream berguna untuk memperkuat riset dalam bidang perbankan dan keuangan di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Lebih lanjut ia mengemukakan Eikon Datastream menawarkan beragam fitur untuk membantu pengambilan keputusan di bidang perbankan dan keuangan.

Di antaranya adalah data analitik yang memungkinkan eksplorasi hubungan antara data-series secara terperinci dan mampu memperoleh laporan kinerja semua perusahaan publik hingga 20 tahun ke belakang.

"Terlebih, terdapat konten khusus Negara Indonesia serta indikator ekonomi untuk masing-masing provinsi dan kota," ujar dia.

Julfan mengatakan Datastream tersebut dapat dimanfaatkan oleh para dosen, mahasiswa, peneliti dan perpustakaan. Perjanjian Refinitiv dengan LKBN Antara ini mengatur hanya untuk PTN dan BUMN saja.

Hingga saat ini, LKBN Antara sudah melakukan audiensi dengan hampir seluruh PTN dan sebagian besar sudah bekerja sama seperti Universitas Sebelas Maret Solo, Institut Teknologi Bandung, Universitas Syiah Kuala.

Selanjutnya dengan Universitas Sriwijaya, Universitas Tanjung Pura, Universitas Syarif Hidayatullah, Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Gajah Mada, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas negeri lainnya.

Ia berharap melalui kerja sama ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan analisis pihak UNP, serta membantu dalam melakukan analisa pasar dan komoditas di Indonesia yang tentunya insight ini akan sangat berharga.

Dalam kunjungannya ke UNP, pihaknya disambut baik oleh Wakil Rektor IV UNP Prof Dr Yasri dan anggota di Gedung Rektorat UNP.

Wakil Rektor IV beserta anggota merasa antusias dan tertarik dengan Layanan Refinitiv Eikon dan UNP akan menindaklanjuti ke Fakultas Ekonomi UNP.

Dalam pertemuan tersebut, juga turut hadir bagian Kabag Humas UNP Novri Elvida, dan anggota Siti Sarah. Serta dari Antara turut hadir bagian Penjualan Ildam Asman, dan Proposition Sales Manager, Revinitiv, Anky Pahlandy.