Jerat jerawat dengan lima langkah ini

id jerawat,skincare,y.o.u,Tips cantik

Jerat jerawat dengan lima langkah ini

Ilustrasi. (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi. Mulai dari usia remaja hingga dewasa, jerawat masih menjadi kondisi yang menjengkelkan bagi banyak orang, dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri.

Beragam metode dan praktek bisa diaplikasikan untuk mengatasi jerawat. Berikut adalah lima langkah mudah jerat jerawat dari Y.O.U Acneplus.

Cuci muka secara berkala

Dua di antara faktor penyebab jerawat adalah produksi minyak (sebum) berlebih dan sumbatan pada folikel rambut oleh kulit mati dan sebum. Oleh karena itu, mencuci muka secara berkala bermanfaat untuk mengangkat minyak serta kotoran yang menempel pada kulit. Pastikan juga untuk menggunakan sabun yang lembut dan khusus berjerawat.

Kurangi menyentuh wajah

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam berbagai aktivitas. Meskipun tidak terlihat kotor, namun jari-jemari dapat menjadi sumber kuman dan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi kulit dan menimbulkan jerawat.

Selain menimbulkan jerawat, menyentuh wajah dapat memperparah kondisi jerawat kita. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih saat ingin menyentuh area kulit wajah.

Perbanyak air putih

Selain baik untuk metabolisme tubuh, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Konsumsi air putih yang rutin dapat mendorong proses detoksifikasi tubuh dari kotoran dan racun yang perlu dibuang oleh tubuh, termasuk lemak yang menjadi salah satu pemicu jerawat di kulit.

Konsumsi air putih 8-10 gelas per hari dan tingkatkan lagi saat jerawat meradang. Selain membuat jerawat segera pulih, konsumsi air putih dapat meningkatkan kelembaban wajah.

Perbaiki pola makan dan perhatikan kandungan gizi

Konsumsi makanan yang kurang sehat menjadi salah satu sumber dari munculnya jerawat. Kandungan minyak yang terdapat di dalam makanan dapat mendorong kulit bereaksi yang menghasilkan sebum secara berlebih.

Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda yang memiliki tipe jenis kulit acne-prone karena akan sangat mudah memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, selalu imbangi konsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan serat untuk kulit yang lebih sehat.

Tuntaskan permasalahan jerawat dengan kandungan alami

Saat ini beragam produk menawarkan solusi mengatasi jerawat dengan kandungan alami di dalamnya. Belum lama ini, kandungan 4D Centella atau Centella asiatica yang berasal dari daun pegagan menjadi salah satu andalan solusi mengatasi jerawat yang meradang.

Manfaat daun pegagan ini terkandung dalam Y.O.U Acne Plus Triple Action Spot Care. 4D Centella sendiri mengandung 4 bahan aktif di antaranya Madecassoside yang bermanfaat sebagai meredakan kemerahan dan anti inflammatory; Asiaticoside yang bermanfaat menyeimbangan kadar sebum dan air di kulit; Asiatic Acid berguna menguatkan barrier kulit; dan Madecassic Acid yang berguna memperbaiki jaringan kulit.

Terdapat pula kandungan herbal fusion actives yang akan dengan cepat mengurangi inflamasi jerawat, menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Sementara itu ada juga kandungan niacinamide yang membantu mengontrol minyak berlebih untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat dan meminimalisir tampilan pori-pori. Cara penggunaannya cukup aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat setelah menggunakan toner dan serum.