Pengurus KONI Limapuluh Kota periode 2021-2024 dilantik

id berita limapuluh kota,berita sumbar,koni

Pengurus KONI Limapuluh Kota periode 2021-2024 dilantik

Ketua Umum KONI Sumatera Barat, Agus Suardi saat menyerahkan Pataka ke Bupati Limapuluh Kota Safaruddin. (Antarasumbar/HO-KONI Limapuluh Kota)

Limapuluh Kota telah banyak menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya untuk Sumbar,
Sarilamak (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar), Agus Suardi secara resmi melantik pengurus KONI Kabupaten Limapuluh Kota periode 2021-2024.

Agus Suardi dalam sambutannya mengatakan dengan dilantiknya pengurus KONI Lima Puluh Kota periode 2021-2024 diharapkan prestasi olahraga meningkat.

"Limapuluh Kota telah banyak menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya untuk Sumbar. Semoga ke depannya semakin banyak muncul atlet-atlet terbaik yang dapat mewakili Sumbar ataupun Indonesia di kancah nasional," katanya.

Ia mengatakan kunci untuk melahirkan banyak atlet tentu dengan melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet yang ada di daerah.

"Ini menjadi tanggung jawab KONI Limapuluh Kota selaku induk organisasi olahraga di daerah," kata mantan Ketum KONI Kota Padang itu.

Pelantikan dilaksanakan di aula kantor Bupati Limapuluh Kota di Bukik Limau, Sarilamak yang juga dihadiri Bupati setempat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) dan Forkopimda setempat.

Safaruddin mengatakan pemerintah daerah (Pemda) memiliki komitmen tinggi untuk memajukan dunia olahraga daerah setempat.

Menurutnya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memastikan dana pembinaan untuk seluruh cabang olahraga (Cabor) yang ada.

"Kami akan tetap memberikan prioritas anggaran, tentunya sesuai dengan prestasi yang diperoleh," kata dia.

Ia mengatakan pengelolaan dan tata kelola olahraga prestasi di Kabupaten Limapuluh Kota sudah menuju arah yang semakin baik.

"Ini terlihat dari perolehan prestasi Limapuluh Kota pada iven Porprov, kejuaraan nasional, ataupun beberapa Kejurda," ungkapnya.

Sementara Ketua KONI Limapuluh Kota, Wirianto Dt Panduko Basa Marajo mengatakan pengurus yang dilantik berjumlah sebanyak 26 orang yang terdiri dari pengurus inti dan seksi-seksi.

Ia mengatakan pelantikan pengurus harusnya sudah dilakukan pada pertengahan tahun 2021 namun prosesnya sempat tertunda karena kepengurusan KONI Sumbar juga baru dilantik.

Ditambah dengan adanya Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, maka pelantikan baru bisa digelar pada 28 Desember 2021.

"Dengan telah dilakukannnya pelantikan pengurus ini, kami siap menjalankan tanggung jawab dan diharapkan menjadi motivasi bagi pengurus untuk bekerja lebih baik memajukan organsiasi termasuk tugas pembinaan terhadap cabang olahraga di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan dengan telah dilantiknya pengurus KONI Kabupaten Limapuluh Kota meminta dukungan dari seluruh pihak, mulai dari pengurus KONI sampai dengan pengurus cabang serta pemerintah daerah.

"Saya mohon dukungan serta kebersamaan kita, untuk memajukan prestasi olahraga di daerah ini," kata dia.