2.339 Atlet dari 11 Kecamatan ikuti Porkota Padang 2021

id berita sumbar,berita padang,Porkota Padang 2021 ,koni sumabr

2.339 Atlet dari 11 Kecamatan ikuti Porkota Padang 2021

Pembukaan Porkota Padang 2021. (Antara/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 2.339 atlet dari 11 kecamatan resmi mengikuti Pekan Olahraga Kota (Porkota) Padang yang digelar pada 15-21 Desember 2021.

"Saya bersyukur dan senang Padang bisa menggelar Porkota di tahun ini meski cukup lama vakum, semoga bisa melahirkan atlet yang berprestasi serta unggul dan berdaya saing," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Rabu pada pembukaan Porkota 2021 di Lapangan Kompleks Perkantoran Balai Kota Padang Jalan By Pass Aie Pacah.

Menurut dia Porkota digelar juga dalam rangka persiapan Kota Padang menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar 2023 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh 2024.

"Jadi persiapannya kita mulai dari sekarang melalui Porkota. Semoga atlet-atlet dalam kompetisi ini bisa memberikan penampilan terbaik. Bagi atlet di masing-masing cabang olahraga yang terbaik tentu akan dilirik untuk mewakili Padang pada Porprov nantinya," kata dia.

Sementara itu Ketua KONI Padang Yusra menyampaikan Porkota Padang 2021 ini diikuti utusan dari 11 kecamatan di Kota Padang.

“Sebanyak 28 cabang olahraga dipertandingkan, pelaksanaan Pekan olahraga Kota Padang ini positif bagi perkembangan olahraga di Padang. Semoga akan melahirkan atlet berbakat yang nantinya akan membela Kota Padang di ajang tingkat provinsi atau nasional," katanya.

Menurutnya kegiatan tersebut untuk memberikan wadah bagi para atlet kota Padang untuk menguji kemampuan sesama atlet karena selama pandemi COVID-19 tidak ada wadah kegiatan untuk berlaga.

"Kita dari KONI Kota Padang berterima kasih kepada pihak 11 kecamatan yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Porkota tahun 2021 ini," ujarnya.

Senada dengan itu Ketua Panitia Pelaksana Porkota Padang 2021 Erizal Syaf menyebutkan total cabor yang akan dipertandingkan dalam Porkota Padang 2021 sebanyak 28 cabor melibatkan 2.339 atlet, ofisial dan pelatih 63 orang dari 11 kecamatan.

Pembukaan Porkota ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Hendri Septa didampingi Pj Sekda Arfian bersama Ketua KONI Kota Padang Yusra serta Ketua KONI Sumbar Agus Suardi dan Ketua Panitia Pelaksana Porkota Padang 2021 Erizal Syaf.

Setelah itu dilanjutkan pelepasan balon berbendera Porkota Padang 2021 serta parade atau defile kontingen masing-masing kecamatan.

Penampilan atraksi barongsai, atlet wushu, pesilat dan berbagai kegiatan hiburan lainnya semakin menambah kemeriahan acara pembukaan Porkota Padang tersebut.