STKIP PGRI Sumbar resmi menjadi universitas usai terima SK melalui LLDIKTI-X

id berita padang,berita sumbar,pgri

STKIP PGRI Sumbar resmi menjadi universitas usai terima SK melalui LLDIKTI-X

Kegiatan penyerahan SK perubahan dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas pada STKIP PGRI Sumbar di Padang, Kamis. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Selamat kepada Universitas PGRI Sumbar beserta seluruh sivitas akademika atas SK yang diterima hari ini, terkait perubahan bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas,
Padang (ANTARA) - STKIP PGRI Sumbar resmi berubah menjadi Universitas PGRI Sumbar setelah menerima Surat Keputusan dari Kemendikbudristek nomor 476/E/O/2021 melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X di Padang, Kamis.

Kepala LLDIKTI Wilayah Prof Herri, MBA mengatakan dengan telah keluarnya SK tersebut maka Universitas PGRI Sumbar menjadi universitas yang ke 16 di Sumbar, dan ke 37 untuk LLDIKTI Wilayah X.

"Selamat kepada Universitas PGRI Sumbar beserta seluruh sivitas akademika atas SK yang diterima hari ini, terkait perubahan bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas, ini merupakan sebuah hal yang penting bagi kita," ucapnya.

Ia menyampaikan dengan perubahan menjadi universitas akan memberikan kontribusi yang lebih luas kepada masyarakat untuk menuntut ilmu di pendidikan tinggi yang selama ini STKIP hanya fokus kepada pendidikan dan sekarang bertambah dengan ilmu-ilmu di luar itu.

"Tentu masyarakat akan memiliki kesempatan untuk bergabung ataupun memilih Universitas PGRI Sumbar menjadi tempat kuliah untuk bidang-bidang yang baru seperti Studi Humanitas, Biologi Terapan, Sains Data, Kewirausahaan, dan Teknologi Informatika" ujar dia.

Kepala Lembaga menilai Universitas PGRI Sumbar cukup berkualitas karena dari sisi Program Studi rata-rata sudah terakreditasi B dan bahkan ada yang A.

Disamping itu juga banyak dosen atau pengelola PGRI yang menjadi narasumber untuk beberapa bidang guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Misalnya dalam bidang penelitian, pengelolaan jurnal, pengelolaan kemahasiswaan, dan lainnya.

"Akan tetapi, ini saja tidak cukup jika dibandingkan dengan perguruan tinggi yang sudah memperoleh akreditasi A, ini tentu menjadi tujuan yang perlu menjadi target kedepan oleh PGRI," kata dia.

Menurut dia, dengan telah menjadi sebuah universitas, maka langkah PGRI Sumbar akan menjadi lebih luas dan lebih kuat ke depan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sementara Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) pada Universitas PGRI Sumbar dan SMA PGRI I Padang, Dr Dasrizal menyampaikan pengusulan perguruan tinggi tersebut menjadi universitas sudah sejak 2016, namun tidak jadi keluar karena beberapa hal.

"Kemudian terakhir kali kembali diusulkan pada awal 2021 dan Alhamdulillah lebih kurang 6 bulan, kami sudah diproses, bagi kami ini sebuah impian yang termasuk cukup cepat terwujudnya karena seluruh syarat sudah kami persiapkan jauh-jauh sebelumnya," ujarnya.

Ia berharap agar bisa kembali mengukir prestasi sewaktu menjadi STKIP PGRI Sumbar yakni sebagai LPTK terbaik di LLDIKTI Wilayah X.

"Dengan berubah menjadi universitas, Insyaallah kami tinggal meningkatkan saja lagi," kata dia.