Wabup Pasaman Barat tekankan parpol tertib administrasi kelola keuangan bantuan pemerintah

id Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto,partai politik,pasaman barat,berita pasaman barat,pasaman barat terkini,berita sumbar

Wabup Pasaman Barat tekankan parpol tertib administrasi kelola keuangan bantuan pemerintah

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat memberikan sosialisasi penggunaan keuangan pemerintah kepada partai politik di daerah itu. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menekankan agar partai politik dapat tertib administrasi keuangan dalam pengelolaan keuangan bantuan pemerintah.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Jumat, mengatakan pihaknya telah menyosialisasikan pembinaan bagi partai politik dalam hal penggunaan bantuan keuangan pemerintah.

Menurutnya partai politik hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk membangun Pasaman Barat ini secara bersama-sama.

Ia mengatakan Bupati dan wakil Bupati berasal dari partai politik, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berasal dari Parpol, sehingga Parpol perlu menunjukkan eksistensi di tengah masyarakat dan tentunya dengan nilai-nilai yang baik.

"Salah satu nilai baik yang harus dipegang oleh setiap Parpol adalah tertib administrasi keuangan. Tertib administrasi pengajuan penyaluran dan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan. Partai politik itu suatu hal yang wajib kita patuhi. Jangan karena salah administrasi keuangan berurusan dengan pihak yang berwajib," sebutnya.

Ia menegaskan sebagai pejabat negara yang menggunakan keuangan negara harus sesuai aturan.

"Tidak bisa sesuka hati dan apa maunya kelompok tertentu. Begitu juga dengan Parpol. Jika ada bantuan anggaran Parpol, maka harus diikuti dengan prosedur keuangan yang jelas," ujarnya.

Ia berharap jangan karena ada persoalan administrasi, keuangan negara, bisa masuk dalam kategori korupsi.

Ia mencontohkan saat di tengah masyarakat tentang penyalahgunaan keuangan negara berujung meja hijau.

"Jadikan itu semua contoh suri tauladan yang baik. Kita pengurus Parpol yang hadir hari ini jangan sampai salah dalam penggunaan dana bantuan Parpol," harapnya.

Ada 12 Parpol yang mendapatkan bantuan keuangan daerah yakni Hanura, PKS, PKB, PAN, Golkar, Gerindra, Nasdem, PBB, PDI P, Demokrat, PPP dan Perindo. (*)