Yang digelar Kodim 0306/50 Kota dalam momentum HUT TNI, untuk pelajar dan Babinsa

id berita limapuluh kota,berita sumbar,kodim

Yang digelar Kodim 0306/50 Kota dalam momentum HUT TNI, untuk pelajar dan Babinsa

Salah seorang peserta  yang mengikuti lomba keagamaan yang digelar oleh Kodim 0306/50 Kota bersama ICBS. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Dengan kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan Imtaq masyarakat dan menjadi  pondasi dalam membangun generasi kedepannya,
Sarilamak (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota, Sumatera Barat bersama dengan Insan Cendikia Boarding School (ICBS) menggelar beberapa perlombaan keagamaan untuk pelajar SD dan SMP dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

"Kegiatan ini kita laksanakan masih dalam momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76," kata Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyo di aula ICBS di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (25/10).

Lomba yang digelar seperti lomba tahfidz dan dai cilik untuk pelajar SD dan SLTP di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Selanjutnya lomba adzan dan Imam khusus bagi para Babinsa di Lingkungan Kodim 0306/50 Kota.

Ia berharap kegiatan ini dapat melahirkan generasi yang tidak saja cerdas secara ilmu pengetahuan, namun juga cerdas ilmu agama.

Sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat Payakumbuh dan Limapuluh Kota secara umum serta juga dapat menangkal berkembangnya paham-paham radikal.

“Dengan kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan Imtaq masyarakat dan menjadi pondasi dalam membangun generasi kedepannya. ICBS dipilih karena merupakan sekolah kegamaan terbesar di Luak Limapuluh,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat kebangsaan sehingga mereka makin mencintai NKRI.

“Kegiatan ini akan timbul kecintaan dan semangat kebangsaan dari peserta atau anak didik, sehingga kita tidak mudah dipecah belah,” katanya.

Sementara itu, khusus untuk lomba adzan dan imam bagi Babinsa untuk memotivasi semua Babinsa agar bisa adzan dan imam, sehingga peranannya semakin dirasakan masyarakat.

“Kegiatan Babinsa banyak bersama masyarakat, mereka juga harus mampu adzan dan mengimami masyarakat saat shalat berjamaah,” ujarnya.

Pimpinan ICBS Harau Roni Patihan berharap dengan adanya kegiatan yang digelar bersama TNI dapat menumbuhkan generasi yang cinta Al Quran serta mendukung program pemerintah, karena mereka yang akan jadi estafet untuk masa yang akan datang.

“Kita tentu bangga dengan digelarnya kegiatan oleh Kodim 0306/50 Kota di sekolah kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menumbuhkan generasi yang cinta Al Quran,” katanya.

Ia menguraikan jumlah pesertanya 180 orang yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, serta Babinsa dari Koramil di Jajaran Kodim 0306/50 Kota.

"Peserta sangat antusias mengikuti, untuk lomba tahfidz tingkat Sekolah Dasar dengan hafalan satu juz dan tiga Juz untuk tingkat SLTP,” katanya.

Ia mengatakan selain berhadiah puluhan juta, peserta terbaik nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk sekolah di ICBS.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Bupati Limapuluh Kota Safarudin Dt. Bandaro Rajo dan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi serta sejumlah kepala OPD di dua daerah tersebut.