Bangunan samping Istano Basa Pagaruyung terbakar, 4 unit-30 personil damkar padamkan api

id berita tanah datar,berita sumbar,bakar

Bangunan samping Istano Basa Pagaruyung terbakar, 4 unit-30 personil damkar padamkan api

Kebakaran di Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas Tanah Datar Jum'at, (15/10). (Antarasumbar/Erick)

Kami juga turunkan 30 orang personil pemadam,
Batusangkar (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Tanah Datar mengerahkan empat mobil pemadam untuk memadamkan api yang membakar bangunan di sebelah Istano Basa Pagaruyung, Jum'at.

"Kami juga turunkan 30 orang personil pemadam," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, Yusnen di Batusangkar Jum'at.

Ia mengatakan objek yang terbakar Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas Tanah Datar merupakan bangunan rumah tinggal dilengkapi dengan tempat usaha rumah makan dan Caffe.

Api membakar seluruh bangunan dan seluruh isinya dengan perkiraan kerugian mencapai hingga Rp350 juta.

"Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan bangunan tersebut diperkirakan Rp300 juta atas nama Elfrinelsi dan Rp50 juta atas nama almarhum Armailis," katanya.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun dugaan sementara kebakaran berasal dari korsleting listrik.

Ari, salah seorang warga Pagaruyung mengatakan peristiwa kebakaran menghanguskan beberapa petak kedai yang juga sekaligus tempat tinggal di Nagari Pagaruyung.

Besarnya kobaran api membuat kedai dan seluruh isinya yang bermaterial kayu dan mambu itu hangus terbakar.

Ari mengatakan dari keterangan pemilik kedai tidak ada barang yang bisa diselamatkan kecuali ijazah sang anak pemilik kedai.