Pondok Pesantren Nurul Iman Dharmasraya terbakar, tidak ada korban jiwa

id Ponpes terbakar,Ponpes nurul iman,Ponpes di dharmasraya

Pondok Pesantren Nurul Iman Dharmasraya terbakar, tidak ada korban jiwa

Kebakaran di Pondok Pesantren Nurul Imam Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, Rabu (15/9). (Antara/Dok warga)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman yang terletak di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat terbakar pada Rabu sekitar Pukul 00.45 WIB.

Kepala Ponpes Nurul Iman, Satria Efendi, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Namun diketahui api berasal dari dapur kantin.

"Kita tahu api sudah besar di dapur kantin dan sudah membumbung tinggi," ujar dia mengatakan.

Ia menyebutkan dalam peristiwa kebakaran itu setidaknya lima kelas dan satu kantin yang habis dilalap sijago merah.

Beruntug dalam peristiwa kebakaran hebat tersebut tidak ada menelan korban jiwa. Sementara kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena api belum sempat merambah ke asrama putra yang berada tak jauh dari lokal yang terbakar," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Jorong Pisang Rebus Jhon Hendri yang tinggal tepat di depan Ponpes menyebutkan dirinya mengetahui api sudah membesar di kantin milik sekolah.

Saksi mata Rismawati (30) yang berada berbatasan dengan Pondok Pesantren menyebutkan dirinya mengetahui kebakaran terjadi sekitar pukul 00.45 WIB tepatnya di bagian dapur kantin.

"Awalnya saya mendengar suara berisik dari kantin Ponpes, lalu saya lihat dari jendela dan melihat kobaran api, lalu saya keluar minta pertolongan pada tetangga," katanya singkat.

Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Dharmasraya, Yunisman mengatakan api baru dapat dipadamkan sekitar Pukul 02.30 WIB setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021