Dorong terbentuknya kekebalan kelompok, Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia fasilitasi vaksinasi gratis

id berita limapuluh kota, berita sumbar,vaksinasi covid

Dorong terbentuknya kekebalan kelompok, Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia fasilitasi  vaksinasi gratis

 Anggota DPR-RI asal Dapil Sumbar II Rezka Oktoberia saat memantau gelaran vaksinasi gratis yang dilaksanakannya untuk warga di dapilnya yang digelar di Danguang-danguang Kabupaten Limapuluh Kota. (Antara/Dokumentasi Pribadi)

Sarilamak (ANTARA) - Anggota DPR-RI asal Dapil Sumatera Barat II Rezka Oktoberia menggelar vaksinasi gratis COVID-19 bagi warga di dapilnya untuk mendorong percepatan terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Rezka di Sarilamak, Sabtu mengatakan kegiatan vaksinasi gratis untuk warga ini diselenggarakan pada hari Sabtu (11/9) dan Minggu (12/9) di Rumah Gadang kelahirannya yang terletak di daerah Danguang-danguang, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Ini semua adalah vaksin pertama dan kami juga nanti akan berikan untuk vaksin keduanya. Sebagai wakil rakyat dari ranah Minang, tentu saya punya tanggung jawab moral dan ingin ikut berkontribusi dalam mendorong terwujudnya herd immunity di daerah yang saya wakili, salah satunya adalah Kabupaten Limapuluh Kota," ujarnya.

Program vaksinasi tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan menjalankan mekanisme dan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya juga tentunya tidak bisa sendirian, saya dan tim akan dibantu oleh para tenaga kesehatan dari puskesmas dan Rumah Sakit Kabupaten Limapuluh Kota yang memang sudah bisa dan terbiasa melakukan vaksinasi. Intinya, ini juga kerja bersama kita semua,” katanya.

Ia mengatakan bahwa tujuannya membantu mempercepat proses vaksinasi ini agar warga dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya.

“Saya ingin percepatan herd immunity di daerah agar warga bisa segera beraktivitas seperti biasanya, terutama anak-anak sekolahan. Karena biar bagaimanapun, pendidikan tatap muka langsung jauh lebih efektif ketimbang melalui daring,” ujarnya.

Srikandi Demokrat ini juga berharap dengan gencarnya vaksinasi ini, bisa menekan laju penyebaran COVID-19 dan akhirnya bisa mendatangkan manfaat bagi warga.

“Selain itu, saya juga berharap, dengan akselerasi vaksinasi ini bisa menekan laju penularan COVID-19 disini, dan juga bisa membantu warga dalam mencapai kekebalan komunal yang akhirnya bisa melakukan aktivitas ekonomi seperti biasanya,” ungkapnya.

Seperti yang terpantau di lapangan, vaksinasi gratis yang diselenggarakan oleh anggota Komisi II DPR RI ini juga disambut antusias oleh warga yang sudah mengantre sejak sebelum acara dimulai.

Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang menjadi sorotan Presiden Jokowi karena rendahnya angka vaksinasi di daerah tersebut.