IPDN dan Pemkab Tanah Datar jalin kerjasama peningkatan pariwisata dan SDM

id Pariwisata

IPDN dan Pemkab Tanah Datar jalin kerjasama peningkatan pariwisata dan SDM

Bupati Eka Putra (tengah) dan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian (dua dari kiri) foto bersama dengan tim IPDN baso. (ANTARA/Humas Tanah Datar)

Batusangkar (ANTARA) - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Baso dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat jalin kerjasama dalam peningkatan pariwisata dan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu.

Kerja sama tersebut bertempat di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung bagi dosen IPDN seperti penelitian maupun pengabdian masyarakat.

"Kami lihat view Panorama Tabek Patah sangat indah, dari itu Nagari Tabek Patah sangat potensial untuk dijadikan nagari wisata, walau hal ini tidak mudah karena banyak faktor yang akan menyokong ini, namun kami akan fokus kepada SDM masyarakat nya" kata Direktur IPDN Sumatera Barat Tun Huseno di Rumah Dinas komplek Indo Jolito Batusangkar, Jum'at (26/3).

Ia mengatakan kegiatan peningkatan kualitas SDM masyarakat diantaranya pelatihan bahasa Inggris yang dijadwalkan dua kali dalan seminggu untuk 20 orang peserta.

Yakni setiap Kamis dan Jumat yang diutamakan dari kalangan masyarakat atau pelaku pariwisata.

Ia mengatakan terkait informasi di pemerintahan nagari pihaknya juga akan mengupdate dan memberikan pendampingan terhadap konten website Nagari Tabek Patah, seperti potensi pertanian, perkebuhan, UMKM dan komoditi yang ada di nagari.

"Kami juga akan membuat sistem pelayanan di Kantor Wali Nagari Tabek Patah yang mengacu pada aplikasi, karena kami juga punya parodi trip yang khusus untuk IT dan kami ingin menjadikan Nagari Tabek Patah sebagai percontohan di Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.

Kepannya pihaknya juga akan berupaya melibatkan praja untuk kegiatan luar kampus sehingga praja-praja akan berbaur dengan masyarakat.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra sangat mendukung terkait rencana IPDN tersebut yang akan berkolaborasi dengan masyarakat Tanah Datar terkhusus masyarakat Nagari Tabek Patah.

"Semoga ini akan dapat meningkatkan SDM masyarakat dan meningkahkan kunjungan wisata ke Tanah Datar, kita tidak punya pertambangan maupun industri besar, namun kita punya pesona alam karunia Tuhan yang harus dijaga dan dikelola dengan baik dan mendatangkan berkah bagi kita," katanya.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar