Dasawisma Seroja 8 terima peralatan pengelolah sampah rumah tangga

id berita payakumbuh,berita sumbar,sampah

Dasawisma Seroja 8 terima peralatan pengelolah sampah rumah tangga

Serah terima peralatan pengolah sampah dari dana CSR PT. Kencana Sawit Indonesia dalam program wanita peduli sampah dari TP-PKK Sumbar untuk Dasawisma Seroja 8 Kelurahan Payobasuang, Kota Payakumbuh. (Antarasumbar/HO)

Semoga kedepannya setiap dasawisma juga bisa mengolah sampah sendiri,
Payakumbuh (ANTARA) - Dasawisma Seroja 8 Kelurahan Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) menerima bantuan peralatan pengolah sampah dari dana CSR PT. Kencana Sawit Indonesia yang merupakan gagasan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar, Novarita di Payakumbuh, Kamis, mengatakan dipilihnya dasawisma seroja 8 menerima bantuan merupakan hasil verifikasi yang telah dilakukan DLH Sumbar dan DLH Kota Payakumbuh.

"Semoga kedepannya setiap dasawisma juga bisa mengolah sampah sendiri, tidak hanya dasawisma seroja 8 dan bisa memilah sampah mana yang bisa dimanfaatkan dan mana yang tidaknya," kata dia.

Kegiatan ini merupakan gagasan dari TP-PKK Provinsi Sumbar dalam program wanita peduli sampah untuk dasawisma yang dinilai aktif dalam pengolahan sampah di lingkungan masing-masing serta dari setiap Kabupaten/Kota se-Sumbar hanya satu dasawisma yang memperoleh bantuan alat pengolahan sampah tersebut.

Sementara Kepala DLH Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi mengatakan dengan pengolahan sampah di tingkat rumah tangga maka sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuang Akhir (TPA) nantinya hanya sampah residu atau sampah yang tidak bisa digunakan lagi.

"Kami ucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan TP-PKK Provinsi dan DLH Sumbar untuk bantuan alat pengolahan sampah ini semoga kedepannya sampah itu bukan lagi menjadi persoalan melainkan memberikan manfaat kepada masyarakat," kata dia.

Ia mengharapkan dengan adanya alat ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara supaya bisa mengelola sampah dengan bagus dan nantinya juga bisa memanfaatkan sampah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan ilmu yang telah kami berikan kepada masyarakat, nantinya sampah yang bisa dimanfaatkan kembali seperti kompos bisa digunakan untuk pertanian serta sampah yang bisa didaur ulang dan bisa dijadikan produk baru yang bernilai inovatif dan mempunyai harga tinggi," ujarnya.

Sementara itu Bina Mitra Manager PT Kencana Sawit Indonesia, Irvan mengatakan untuk saat sekarang pihaknya memberikan bantuan alat pengolah sampah untuk 20 KK melalui dana CSR PT tersebut.

"Kita berikan 20 unit sampah terpilah tiga, 20 unit Komposter, 20 unit Solar Biodigester dan 20 unit tempat sampah residu," ujarnya.