Dewan Da'wah Sumbar dan Persis siap galang kerjasama program dakwah

id berita padang, berita sumbar, persis, ddi

Dewan Da'wah  Sumbar dan Persis siap galang kerjasama program dakwah

Silaturahmi DDI Sumbar dengan Persis di Padang, Minggu (Antara/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Pengurus Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Barat dan Pengurus Persatuan Islam (Persis) Sumatera Barat menggelar silaturahmi antar kedua organisasi di Gedung Islamic Centre Al Quds Padang di Padang, Ahad.

Pengurus Dewan Da'wah Sumbar dihadiri Ketua Badrul Mustafa Kemal, Wakil Ketua M. Ridha Ruslan , Anisral, Sekretaris Mazwar Mas'ud , dan Ketua Pemuda Jimmi Syah Putra Ginting.

Adapun dari Persis Sumbar dihadiri oleh Ketua Sudarman, Sekretaris Selamat Arif Hasan , dan Ketua Persis kota Payakumbuh Abdurrahim

Badrul Mustafa pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Dewan Da'wah memiliki ikatan yang kuat dengan Persis, umpamanya saudara kandung.

Muhammad Natsir yang menjadi tokoh panutan Dewan Da'wah merupakan da'i yang sangat dekat dengan A. Hasan, tokoh Persis. Di Sumbar sendiri, utamanya di Payakumbuh, pengurus Dewan Da'wah juga ada yang pengurus Persis, kata dia

Senada dengan Badrul, Sudarman menyampaikan bahwa Natsir yang mencetuskan Mosi Integral Natsir, sebagai gagasan pemersatu NKRI, juga bertukar pikiran dengan A. Hasan sebelum akhirnya mendeklarasikan gagasan persatuan tersebut.

"Kami berharap ada kerjasama yang terbangun dalam menyikapi problematika dakwah di Sumatera Barat," ujar Sudarman yang juga menjabat Wakil Dekan 1 Fakultas Adab UIN IB Padang.

Mazwar pun menyampaikan rencana Pelatihan Da'i dan mendorong agar Persis terlibat mengirimkan utusan. Disamping itu, kalau kedua belah pihak ada kegiatan/program, hendaknya saling mengundang supaya sinergi semakin erat, ujarnya.

M. Ridha Ruslan turut mendorong kerjasama dakwah. Menurutnya, pembinaan dan penguatan da'i di Mentawai perlu dioptimalkan. Kita juga perlu merumuskan bersama tantangan dakwah di semua daerah kemudian kita bagi tugas upaya penanggulangannya, ujarnya.

Silaturrahmi yang berlangsung dari jam 09.30 sampai 12.00 wib tersebut diakhiri dengan foto bersama.