FPP UNP mengadakan lomba video tutorial dan ide bisnis

id UNP, FPP, lomba, kampus merdeka,berita sumbar, sumbarkini

FPP UNP mengadakan lomba video tutorial dan ide bisnis

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP UNP) menyelenggarakan lomba Video Tutorial dan Ide Bisnis tingkat nasional mahasiswa se Indonesia dengan tema Eksistensi Kejayaan Revolusi Industri 4.0 di Era Baru Pendemi COVID-19. (Antara/Is)

Padang (ANTARA) - Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP UNP) menyelenggarakan lomba Video Tutorial dan Ide Bisnis tingkat nasional mahasiswa se Indonesia dengan tema Eksistensi Kejayaan Revolusi Industri 4.0 di Era Baru Pendemi COVID-19.

Dekan FPP UNP Dr. Ernawati di Padang, Senin (19/10) mengatakan lomba ini ditujukan untuk mahasiswa se Indonesia dan selain itu tujuan dari lomba tersebut adalah untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU)

"Lomba ini ditujukan untuk mahasiswa dan ketentuannya setiap tim terdiri dari dua sampai tiga orang serta peserta adalah mahasiswa yang masih aktif," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa lomba video konten yang bisa diikuti meliputi Tata Kecantikan (Tutorial rias fantasi, special make-up effect, dan rias pengantin Indonesia), Tata Busana (Tutorial desain fashion ilustrasi, hand craft/souvenir dari limbah tekstil, dan sulaman tangan), Tata Boga (Tutorial coffee art, flambe, cake decoration) serta Perhotelan (Tutorial make-up room, front office, F&B service).

Kemudian untuk lomba ide bisnis terbagi menjadi empat tema proposal yakni Bidang Teknologi Bisnis meliputi menciptakan mesin, alat-alat elektronik, software dan produk teknologi yang lain, Bidang Industri Kreatif Bisnis di Bidang Seni meliputi produk berupa barang-barang kerajinan yang bernilai seni seperti baju, topi, sepatu dan lainnya.

Selanjutnya, Bidang Kuliner Bisnis berupa produk makanan dan minuman, dan tema terakhir adalah Bidang Jasa Bisnis berupa produk yang intangible (tidak berwujud tapi banyak manfaatnya) seperti sekolah, warnet, transportasi, pariwisata dan produk jasa lainnya.

Untuk waktu pendaftaran sudah dimulai sejak 2 Oktober dan pengumpulan berkas berakhir pada 20 Oktober 2020. Proses seleksi dilakukan pada 2124 Oktober serta pengumuman pemenang pada 25 Oktober.

"Juara pertama nantinya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 juta + sertifikat, Juara kedua mendapat Rp 2,5 juta + sertifikat, Juara ketiga mendapat Rp 2 juta + sertifikat dan Juara favorit mendapat Rp 1,5 juta + sertifikat," tambahnya.

Ia berharap nantinya mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide bisnisnya melalui beberapa kategori lomba yang telah disediakan oleh pihak FPP UNP .

"Pemenang lomba tersebut nantinya diharapkan bisa mengaplikasikan idenya sebab nanti kami akan melakukan pembinaan terhadap proposal mereka sehingga ide bisnisnya dapat terealisasi," sebutnya.

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar bisa melalui link http://bit.ly/lvti_fppunp atau menghubungi panitia Tata Rias&Kecantikan (Anisa : 082331077841), Tata Boga ( Ninda : 082285028479), Tata Busana (Sindy : 085265305763), dan Perhotelan ( Oscar : 082169023083).