Pemuda Dewan Dakwah Sumbar resmi dilantik

id berita padang,berita sumbar,dakwah

Pemuda Dewan Dakwah Sumbar resmi dilantik

Pelantikan Pemuda Dewan Dakwah Sumbar. (antarasumbar/Istimewa)

Saat ini kita dihadapkan kepada pendangkalan akidah dan perang pemikiran,
Padang (ANTARA) - Pengurus Pemuda Dewan Dakwah Sumbar resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Pusat Pemuda Dewan Da’wah, Dede Rubai Misbahul Alam pada Minggu 20 September 2020 secara virtual melalui zoom meeting.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Dewan Dakwah Sumbar, Badrul Mustafa Kemal, Wakil Ketua Dewan Da’wah Sumbar, M. Ridha Ruslan, Sekretaris Yarsi Sumbar Anisral, Ketua Muslimat Dewan Da’wah Sumbar, Melyarti Syarif, Ketua Laznas Dewan Da’wah Sumbar Arham, Yennita Mukhtar, Yasnida Syamsudin, Pengurus Dewan Da’wah Kota/Kabupaten.

Juga turut dihadiri Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar, Wali Kota Padang Mahyeldi, dan Komisioner KPI Pusat Yuliandre Darwis didampingi staf Syahrullah dan Bianca Michelle.

Dalam pelantikan tersebut melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar di Padang, Senin Wali Kota Padang Mahyeldi meminta para pemuda menjadi garda terdepan dalam menjaga marwah Islam.

"Saat ini kita dihadapkan kepada pendangkalan akidah dan perang pemikiran, bahkan penghancuran Islam, kadangkala justru dilakukan oleh sebagian ummat Islam itu sendiri, maka kepada Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia harus mengambil peran yang jelas dan jangan sampai terlena," terangnya.

Peran pemuda sebagai bonus demografi harus dioptimalkan karena banyak potensi yang harus digali dan diaplikasikan, sebagai bentuk sumbangsih kita terhadap kemajuan peradaban, pembangunan daerah dan untuk kejayaan Islam.

"Pemerintah Kota Padang menyambut baik pelantikan ini dan akan selalu bersama para pemuda mewujudkan pembangunan ini, bahkan kita di Kota Padang sudah memiliki program untuk pemberdayaan pemuda yaitu Youth Centre," tambahnya.

Sementara, Komisioner KPI Pusat Yuliandre Darwis mendorong Pemuda Dewan Dakwah Sumbar mengoptimalkan aktivitas dakwah melalui media digital, apalagi di tengah pandemi COVID-19, yang membatasi kontak fisik atau kerumunan massa.

Namun hikmahnya, saat ini interaksi dapat berlangsung lintas negara, baik seminar, diskusi dan sebagainya, melalui virtual.

Yuliandre juga menyoroti masyarakat di era globalisasi.

"Ummat Islam di negara kita semakin tidak berdaya terhadap internalisasi nilai-nilai budaya yang jelas bertentangan dengan kaedah-kaedah dalam syariat. Oleh karena itu, Pemuda Dewan Dakwah Sumbar perlu ambil bagian dalam semangat perbaikan," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan selamat kepada Jimmi Syah Putra Ginting sebagai Ketua Pemuda Dewan Da’wah Sumbar beserta teman-teman pengurus yang baru dilantik.

Ketua Dewan Dakwah Sumbar, Badrul Mustafa Kemal menyampaikan bahwa Pemuda Dewan Dakwah Sumbar ini adalah periode pertama, telah diusulkan ke pusat untuk dikukuhkan sejak bulan Ramadhan yang lalu.

Namun dengan kondisi COVID-19 yang masih berlangsung, pelantikan akhirnya dilaksanakan secara virtual.

“Bagi kami keluarga besar Dewan Dakwah Sumbar, kehadiran Pemuda Dewan Dakwah Sumbar bertujuan untuk menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi pemuda serta meningkatkan perannya sebagai kader untuk mencapai tujuan Dewan Dakwah," terang Badrul.

Buya Gusrizal Gazahar dalam tausiyahnya menguraikan peran pemuda kepada para pengurus yang baru dilantik.

Ia juga memotivasi pemuda dengan menyampaikan bahwa ulama Insya Allah akan mendampingi Pemuda Dewan Dakwah baik provinsi maupun kota/kabupaten sesuai batas kewenangan, agar semangat kebaikan dapat dimaksimalkan.