Sembilan pebalap akan berebut puncak klasemen MotoGP di GP Emilia Romagna

id motogp,misano,gp emilia romagna

Sembilan pebalap akan berebut puncak klasemen MotoGP di GP Emilia Romagna

Gambaran umum Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano. (13/9/2020) (Andreas Solaro/AFP)

Jakarta, (ANTARA) - Posisi Andrea Dovizioso di pucuk klasemen pebalap MotoGP belum aman karena sembilan pebalap memiliki peluang untuk menjadi pemuncak baru di balapan seri ketujuh yang kembali digelar di Sirkuit Misano akhir pekan nanti.

Pebalap tim Ducati itu menggeser Fabio Quartararo, yang gagal finis di Misano akhir pekan lalu, ke peringkat dua setelah mengumpulkan total 76 poin dari enam balapan.

Sedangkan pebalap tim satelit Petronas Yamaha itu terpaut dengan margin enam poin saja, demikian laman resmi MotoGP.

"Kita telah melihat lima pemenang yang berbeda di enam balapan dan ini adalah salah satu kejuaraan yang paling ketat yang pernah kita dapati, jadi aku akan terus memberikan yang terbaik dan membuatnya menjadi milik kami," kata Quartararo seperti dikutip laman resmi tim.

Selain lima pebalap juara yang berbeda, sembilan pebalap teratas di klasemen kini dipisahkan dengan hanya 23 poin.

Jack Miller yang berada di peringkat tiga dengan 64 poin mendulang poin cukup besar untuk Pramac Racing setelah finis podium di dua balapan di Austria.

Di belakang pebalap Australia itu, Joan Mir tampil konsisten setelah dua kali gagal finis di Spanyol dan Ceko.

Pebalap yang menjalani tahun keduanya dengan tim Suzuki Ecstar itu selalu finis lima besar di empat balapan, dengan dua kali naik podium di Austria dan Misano untuk mendongkrak posisinya sebagai pesaing serius ke peringkat empat klasemen dengan 60 poin.

Sementara itu duet tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi sama-sama mengantongi 58 poin.

Rossi kalah dari Vinales di dua balapan awal, namun The Doctor tampil cukup stabil dan selalu finis di depan sang pebalap Spanyol di empat balapan terakhir dan nyaris naik podium di kampung halamannya.

"Aku senang kami bakal balapan lagi di Misano. Pekan lalu aku sangat dekat dengan podium, balapan itu terlalu panjang satu putaran," kata Rossi yang disalip Mir di lap terakhir GP San Marino itu.

Satu poin di belakang tim pabrikan Yamaha itu ada pebalap tim satelit Yamaha lainnya, Franco Morbidelli, yang pekan lalu meraih kemenangan MotoGP perdananya di Misano.

"Aku tidak memikirkan kejuaraan saat ini, tapi lebih kepada memenangi balapan dan mendapatkan hasil yang terbaik yang aku bisa di setiap Minggu, dan aku akan lihat di mana posisiku berada pada akhir tahun nanti," kata Morbidelli.

Juara GP Republik Ceko Brad Binder menjadi wakil KTM terbaik sementara ini di peringkat delapan dengan raihan 53 poin, yang disamai oleh Takaaki Nakagami yang menjadi jagoan Honda di saat Marc Marquez masih dirundung cedera.

Jelang GP Emilia Romagna, tim dan pebalap dimanjakan dengan satu hari penuh tes ofisial di Misano pada Selasa yang mereka gunakan untuk mencoba berbagai komponen baru serta uji coba alat komunikasi pebalap. (*)