Kemensos gandeng Ansor dan GAMKI distribusi bansos bagi warga terdampak COVID-19

id Kemensos, gamki, ansor,Kemensos gandeng Ansor dan GAMKI,Kemensos gandeng Ansor,Kemensos gandeng GAMKI,Kemensos GAMKI dis

Kemensos gandeng Ansor dan GAMKI distribusi bansos bagi warga terdampak COVID-19

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kiri) di Jakarta, Sabtu (5/6/2020) bermitra dengan ormas untuk salurkan bantuan sosial (Kementerian Sosial).

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menggandeng organisasi kemasyarakatan (ormas) Gerakan Pemuda Ansor dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dalam pendistribusian bantuan sosial bagi warga terdampak COVID-19.

"Kami tidak hanya bekerja sama dengan unsur-unsur pemerintah dalam mendistribusikan bansos. Namun kami juga melibatkan komunitas. Kemarin kami sudah berkomunikasi dengan pekerja film, sinetron dan seniman. Kali ini kami berkolaborasi dengan GP Ansor dan GAMKI," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/6).

Mensos mengatakan, kemitraan negara dengan masyarakat termasuk ormas sangat diperlukan guna menangani berbagai masalah bangsa termasuk dalam penanganan COVID-19.

Menurut Juliari, ada ruang negara tidak bisa menjangkau karena keterbatasan sumber daya dan kemampuan. Namun, ormas seperti GP Ansor yang dalam sejarahnya ikut mendirikan negara, memiliki jangkauan luas.

"Maka kami ucapkan terima kasih, karena GP Ansor sudi membantu kami mendistribusikan bansos untuk masyarakat terdampak COVID-19," kata Juliari.

Sebagai bagian dari kebijakan jaring pengaman sosial, bansos bantuan Presiden diharapkan bisa menjangkau seluas mungkin masyarakat terdampak COVID-19.

Bantuan yang didistribusikan kedua ormas tersebut masing-masing seribu paket sembako. Dalam kesempatan itu, Mensos menyerahkan secara simbolik bantuan sosial sembako kepada Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Quomas.

"Siapa penerima bansos saya serahkan kepada GP Ansor. Di sini kan ada komunitas pengamen jalanan, komunitas guru ngaji dan sebagainya. Yang penting nantinya disertakan data penerima agar memenuhi ketentuan," kata Mensos.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Quomas memastikan, data penerima bansos yang diajukan memenuhi ketentuan yaitu memiliki Nomor Induk Kependudukan serta nama dan alamat sesuai.

Mensos juga menyerahkan bansos

Begitu pula dengan bansos ke GAMKI yang diterima langsung Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Michael Wattimena.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi kebijakan Pak Mensos Juliari P Batubara. Kami bangga dipercaya oleh Kemensos menjadi pihak yang ikut mendistribusikan bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar