Dinas Pendidikan Kota Padang buka PPDB jalur prestasi tingkat SMP mulai hari ini

id berita padang,berita sumbar,dinas pendidikan padang,PPDB,jalur prestasi,habibul fuadi

Dinas Pendidikan Kota Padang buka PPDB jalur prestasi tingkat SMP mulai hari ini

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi. (antarasumbar/Istimewa)

Untuk pendaftaran dan pengambilan formulir PPDB jalur prestasi non akademik dimulai hari ini 2 sampai 7 Juni 2020 di sekolah masing-masing,
Padang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai hari ini telah membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui jalur prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi di Padang, Selasa, mengatakan untuk pendaftaran dan pengambilan formulir PPDB jalur prestasi non akademik dimulai hari ini 2 sampai 7 Juni 2020 di sekolah masing-masing.

Kemudian, tambahnya para siswa yang telah diterima nantinya akan diumumkan pada 12 Juni 2020 di sekolah asal masing-masing.

"Untuk pendaftaran ulang ke sekolah yang dituju akan dimulai pada 15 sampai 16 Juni 2020," ujar dia.

Ia juga menyebutkan jalur prestasi non akademik merupakan jalur PPDB untuk para calon siswa SMP Negeri yang berprestasi.

"Berupa para calon peserta didik yang memiliki prestasi di bidang Olimpiade Sain Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau Kejuaraan Olahraga Nasional, Festival, dan Lomba Seni Siswa Nasional," jelas dia.

Lebih lanjut, ia menyampaikan berupa Lomba Penelitian Ilmiah Remaja dengan memperoleh paling rendah juara satu perorangan tingkat Kota Padang, prestasi MTQ paling rendah juara tiga tingkat Kota Padang dan juara tiga tingkat provinsi untuk siswa dari luar daerah, termasuk dalam kuota jalur prestasi maksimal 30 persan.

Selain penerimaan melalui jalur prestasi, Dinas Pendidikan Kota Padang juga telah membuka PPDB untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri dan SMP Negeri tahun pelajaran 2020/2021.

Lebih lanjut, ia mengatakan proses penerimaan siswa baru ini berdasarkan surat keputusan Wali Kota Padang Nomor 260 tahun 2020 tentang jadwal dan zonasi PPDB tingkat SD dan SMP dalam jaringan tahun ajaran 2020/2021.

"Sama dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun ini juga dilakukan melalui tiga jalur yaitu jalur prestasi non-akademik, jalur pendidikan inklusif dan jalur daring," tambah dia.

Kemudian pendaftaran SD secara daring tahap pertama sejak 11 sampai 16 Juni 2020, pengumumannya pada 17 Juni, dan pendaftaran ulang 18 sampai 19 Juni 2020. Kemudian pendaftaran tahap kedua dimulai dari 20 sampai 23 Juni, pengumumannya 24 Juni, dan pendaftaran ulang pada 25 sampai 26 Juni 2020.

"Pendaftaran siswa baru SMP dimulai pada 24 sampai 29 Juni, registrasi daring 17 sampai 20, verifikasi data 19 hingga 27, registrasi ulang 24 sampai 26, dan pemeriksaan bukti registrasi 28 sampai 29 Juni 2020. (*)