Cegah penyebaran COVID-19, PT KAI Sumbar wajibkan seluruh penumpang pakai masker

id M. Reza Fahlepi,KAI Sumbar,wajibkan penumpang pakai masker,cegah covid-19,berita padang,berita sumbar

Cegah penyebaran COVID-19, PT KAI Sumbar wajibkan seluruh penumpang pakai masker

Kepala Humas Divre II Sumbar, M. Reza Fahlepi. (ANTARA/Agung Pambudi)

Padang, (ANTARA) - PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat memberlakukan aturan mewajibkan penumpang untuk memakai masker di stasiun dan dalam kereta api untuk mengurangi dampak penyebaran COVID-19.

“Aturan ini berlaku terhitung mulaimulai 12 April 2020, Bagi penumpang yang tidak mengenakan masker atau kain penutup mulut dan hidung dilarang naik kereta api dan tiket akan dikembalikan penuh," kata Kepala Humas Divre II Sumbar, M. Reza Fahlepi di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan, aturan penumpang wajib pakai masker ini sejalan dengan kebijakan pemerintah sesuai rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO), yang mengharuskan masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Menjelang 12 April, manajemen KAI Divre II mulai melakukan sosialisasi kebijakan tersebut kepada masyarakat melalui pengumuman di stasiun, di kereta, media sosial, dan berbagai media lainnya.

Reza mengimbau kepada para penumpang untuk menjaga jarak baik saat di stasiun ataupun di atas kereta, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau hand sanitizer, serta tunda perjalanan yang kurang penting dan tidak mendesak.

"Kami harap penumpang dapat mematuhi aturan tersebut agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 tersebut sudah melakukan berbagai kegiatan, selain penyemprotan cairan disinfektan di gerbons dan area stasiun, pihaknya juga menyediak cairan pencuci tangan bagi penumpang.

Selain itu, pihaknya juga mengurangi frekuens dan membatalkan beberapa perjalanan kereta api sebagai bagian mendukung kebijakan pemerintah untukmengurangi mobiltas masyarakat..

"Meski terdapat beberapa pengurangan jadwal KA, PT KAI Divre II memastikan bahwa jarak antar penumpang di kereta tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas . Saat ini volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal terdapat penurunan jumlah volume penumpang," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar