Padang Pariaman siapkan rusunawa di Kecamatan Enam Lingkung tampung pasien corona

id berita padang pariaman, berita sumbar, rusunawa

Padang Pariaman  siapkan rusunawa di Kecamatan Enam Lingkung tampung pasien corona

Rusunawa di Kecamatan Enam Lingkung, Padang Pariaman, Sumbar yang dipersiapkan untuk pasien positif COVID-19. (Antara/Istimewa)

Parit Malintang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Yutiardi Rivai mengatakan rumah susun sewa (Rusunawa) di Kecamatan Enam Lingkung yang sedang dipersiapkan pihaknya nantinya mampu menampung sekitar 100 pasien COVID-19.

"Daya tampungnya diperkirakan bisa 100 pasien," kata dia di Parit Malintang, Sabtu.

Gedung tersebut pernah digunakan untuk penginapan wasit Pekan Olahraga Provinsi Sumbar yang dilaksanakan di Padang Pariaman pada 2018.

Rusunawa tersebut dinilai layak sebagai lokasi perawatan pasien karena dekat dengan RSUD Padang Pariaman serta jauh dari pemukiman warga.

Pihaknya pun telah meninjau gedung yang memiliki 60 kamar tersebut untuk mempersiapkannya sebagai langkah antisipasi jika warga Padang Pariaman terserang COVID-19 sedangkan rumah sakit penuh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi mengatakan pihaknya telah mencairkan dana tanggap darurat sebesar Rp700 juta untuk tahap awal yang digunakan untuk pembelian peralatan medis dan langkah penanganan penyebaran COVID-19.

"Jika masih kurang maka dicairkan lagi karena kita masih punya dana cadangan darurat dan jika diperlukan dapat dicairkan," katanya.

Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Lismawati mengatakan pihaknya akan menyiapkan peralatan pendukung untuk perawatan pasien di Rusunawa tersebut yaitu di antaranya tabung oksigen, instalasi respirator, peralatan medis, dan mobil ambulans khusus untuk pasien yang terserang COVID-19.