China bahayakan dunia karena sembunyikan informasi virus corona, kata Dubes AS di London

id Dubes AS Woody Johnson,Virus corona,membahayakan dunia

China bahayakan dunia karena sembunyikan informasi virus corona, kata Dubes AS di London

Seorang anggota staf menguji sistem pendeteksi termal untuk memeriksa suhu tubuh penumpang di area bawah tanah Stasiun Kereta Api Hankou di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, Senin (23/3/2020). Saat ini, Wuhan tengah bersiap memulihkan pengoperasian transportasi umum. Masyarakat perlu mendaftarkan nama mereka jika ingin menggunakan transportasi umum atau taksi di kota tersebut. ANTARA FOTO/Xinhua/Shen Bohan/pras.

Seandainya saja China melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat, lebih banyak penduduknya, dan seluruh dunia, mungkin terhindar dari dampak paling serius penyakit ini,
London (ANTARA) - China telah membahayakan dunia dengan menyembunyikan informasi soal wabah virus coronadan membiarkan virus menyebar jauh keluar perbatasan negara komunis tersebut, kata Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk London.

"Mulanya China berusaha membungkam kabar tersebut," tulis Dubes AS Woody Johnson di artikel surat kabar The Times, yang diterbikan pada Kamis.

Ia menambahkan bahwa Beijing kemudian membagikan informasi penting secara selektif sambil menghalangi otoritas kesehatan internasional.

"Seandainya saja China melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat, lebih banyak penduduknya, dan seluruh dunia, mungkin terhindar dari dampak paling serius penyakit ini," tulisnya.

"Ketika krisis akhirnya mereda, kita harus memperhitungkan akibatnya dan mengevaluasi kerugian dari wabah ini secara global," katanya.

Sumber: Reuters

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar