Objek wisata Museum Adityawarman ditutup antisipasi penyebaran COVID-19

id Berita Padang, padang terkini, berita sumbar, museum Adityawarman ditutup, covid-19

Objek wisata Museum Adityawarman ditutup antisipasi penyebaran COVID-19

Gerbang Museum Adityawarman (Antara/Laila Syafarud)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menutup sementara objek wisata Museum Adityawarman untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala Museum Adityawarman Getri AR, di Padang, Rabu membenarkan hal itu. Ia mengatakan berdasarkan keputusan dari Gubernur melalui Dinas Kebudayaan Sumbar secara resmi menutup Museum Adityawarman sejak 23 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Tentunya sampai wabah virus COVID-19 ini mulai mereda di Indonesia. Kemudian sampai gubernur memutuskan untuk membuka kembali Museum Adityawarman," kata dia.

Menurut dia penutupan museum itu dilakukan sebagai antisipasi guna menghindari penyebaran wabah COVID-19 terhadap wisatawan yang berkunjung ke museum tersebut.

Sebetulnya kata dia sejak beberapa Minggu yang lalu Museum Adityawarman sudah mulai sepi pengunjung. Bahkan yang hadir hanya satu sampai empat orang saja.

"Apa lagi saat pemerintah memutuskan untuk memindahkan sekolah siswa ke rumah. Pengunjung museum semakin berkurang," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan selain wisatawan dari luar kota maupun mancanegara, biasanya pengunjung Museum Adityawarman tersebut kebanyakan para siswa dan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah.

"Biasanya setiap hari Minggu puluhan siswa Taman Kanak-kanak datang melihat koleksi ke museum," kata dia.

Akan tetapi menurut dia penurunan kunjungan dan penutupan museum tidak menjadi masalah, karena semua itu demi kebaikan. Untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 terhadap pengunjung.

Ia berharap wabah COVID-19 itu segera berakhir di Indonesia dan tidak sampai ke Sumatera Barat.

Ia juga mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk tetap menghindari keramaian dan selalu menjaga imunitas tubuh berupa memakan makanan yang bergizi, istirahat cukup, dan rajin cuci tangan.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya Provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang. Tepatnya di Jalan Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Sebagai museum budaya, Museum Adityawarman menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan beberapa cagar budaya nasional lainnya yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung.

Beragam jenis koleksi yang terdapat di museum tersebut terdiri atas beragam kategori meliputi geologika atau geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika atau heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika. (*)