Pekat IB Agam galang bantuan bagi korban banjir bandang

id pekat ib,banjir bandang agam

Pekat IB Agam galang bantuan bagi korban banjir bandang

Anggota Brigade DPD Pekat IB Kabupaten Agam, sedang menggalang bantuan ke pedagang di Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubukbasung, Selasa (17/3). (ANTARA/HO)

Lubukbasung, (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Pembela Kesatuan dan Tanah Air Indonesia Bersatu (DPD Pekat IB) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggalang membantuan untuk korban banjir bandang di Kecamatan Ampeknagari.

Ketua DPD Pekat IB Agam, Ardiman di Lubukbasung, Selasa mengatakan penggalangan dana itu dilakukan ke pengendara, aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Agam, pengunjung dan pedagang pasar tradisional di Kecamatan Lubukbasung.

Ia mengatakan, penggalangan dana itu dilakukan selama enam hari kerja dan berharap dana yang terkumpul sebanyak mungkin.

Setelah terkumpul, dana itu bakal diserahkan kepada korban banjir bandang berupa sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako).

"Kita bakal mengumpulkan bantuan selama enam hari dengan harapan bisa terkumpul sebanyak mugkin," katanya.

Penggalangan dana ini bentuk kepedulian DPD Pekat IB Agam kepada korban banjir bandang melanda Nagari Sitalang dan Batukambiang Kecamatan Ampeknagari, Kamis (12/3).

Sebelumnya, DPD Pekat IB Agam juga menurunkan anggota untuk membantu membersihkan material masuk ke rumah warga, masjid dan sekolah.

"Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan itu meringankan beban dari korban," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar menambahkan bantuan sudah berdatangan dari pemerintah, BUMN, BUMD, Ormas, perusahaan dan lainnya.

"Bantuan telah kita distribusikan kepada korban banjir bandang," katanya.

Ia mengakui, pembersihan material masih berlangsung dan jembatan darurat juga telah dibangun.

Pemkab Agam telah mengusulkan pembangunan jembatan dan normalisasi ke pemerintah pusat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar