LP3M Unand selenggarakan workshop pengembangan mutu untuk tingkatkan kualitas lulusan

id berita padang, berita sumbar, unand padang, universitas andalas

LP3M Unand selenggarakan workshop pengembangan mutu untuk tingkatkan kualitas lulusan

Peserta workshop peningkatan mutu bahan ajar yang digelar LP3M Unand di Padang, Kamis (20/2). (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas (Unand) Padang menyelenggarakan workshop pengembangan mutu bahan ajar dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan menghadapi dunia kerja.

"Menindaklanjuti kebijakan kampus merdeka yang digagas Kemendikbud perlu dilakukan peningkatan kualitas bahan ajar dosen yang berujung pada peningkatan kualitas mahasiswa," kata Ketua LP3M Unand Prof Henny Lucida di Padang, Kamis.

Menurut dia untuk mengejawantahkan kebijakan kampus merdeka saat ini pihaknya mengupayakan bisa mendapatkan akreditasi internasional program studi yang hingga saat ini baru diperoleh 12 program studi.

Kemudian yang diperlukan peran aktif dosen dalam penyusunan kurikulum outcome based education (OBE) atau tidak lagi berbasis konten semata hingga penyelenggaraan perkuliahan daring.

Tiga hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan peningkatan daya saing lulusan di dunia kerja, kata dia.

Ia menyampaikan saat ini Unand sudah memperoleh peringkat empat nasional penelitian, namun belum optimal dalam peningkatan metode untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu dan meningkatkan daya saing lulusan.

Oleh sebab itu LP3M menyediakan 75 hibah Penelitian Pengembangan dan Penjaminan Mutu dengan anggaran Rp5 juta per proposal guna memotivasi para dosen meningkatkan kualitas bahan ajar, ujarnya.

Hibah penelitian tersebut bertujuan mengembangkan metode pembelajaran melalui pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) menurut format OBE ( outcome based education ), penelitian tindakan kelas (PTK), dan perencanaan dan pelaksanaan tugas Badan Penjaminan Mutu (Bapem) dan Gugus Kendali Mutu (GKM).

Ia menyampaikan pencairan hibah dilakukan setelah menyelesaikan penelitian dan terdaftar sebagai presenter oral pada seminar internasional yakni International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA) pada bulan Oktober setiap tahun plus publikasi artikel di prosiding yang terindeks scopus.

Workshop diikuti oleh 150 dosen dari seluruh program studi yang ada di Unand, dan sebagian besarnya adalah dosen muda.

Tampil sebagai narasumber dalam workshop ini Dosen FISIP Unand Dr Asrinaldi dengan materi t penulisan konten atau isi dari buku ajar, dan Heru Dibyo Laksono, MT dari Fakultas Teknik (FT)yang menyampaikan materi tentang tata lay out buku ajar. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar