Bupati resmikan Kantor Camat bercorak Istana Kerajaan Inderapura

id Painan

Bupati resmikan Kantor Camat bercorak Istana Kerajaan Inderapura

Suasana peresmian kantor Camat Pancung Soal. (Istimewa)

Painan (ANTARA) - Kantor Camat Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang bercorak istana Kerajaan Inderapura diresmikan penggunaannya oleh Bupati setempat, Hendrajoni, Minggu.

"Kantor camat Pancung Soal merupakan kantor camat yang unik, di bagian depan bearsitek istana Kerajaan Inderapura, dan di bagian tengah Rumah Gadang Pasisia," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni disela peresmian.

Ia menjelaskan, Kerajaan Inderapura merupakan salah satu kerajaan yang pernah eksis di daerah setempat, dan mencapai masa kejayaan di abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-16.

"Kegiatan ini merupakan bagian dalam upaya memperkuat nilai-nilai sejarah di Pesisir Selatan, terutama terkait keberadaan Kerajaan Inderapura," sebutnya.

Untuk memastikan agar bagian depan kantor camat mendekati bentuk istana Kerajaan Inderapura beberapa sumber pun dilibatkan, mulai dari tokoh masyarakat, bentuk beberapa rumah tradisional setempat dan beberapa dokumen.

Sementara bentuk tengah yang berarsitek Rumah Gadang Pasisia dengan bentuk atap tidak memiliki gonjong dan populer dengan sebutan kajang padati.

"Perbedaan atap Rumah Gadang Pasisia memang cukup mencolok dibanding rumah gadang lain yang populer di Minangkabau, dan ini juga akan memperkuat nilai sejarah," katanya lagi.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura, Chairul Saleh Rangkayo Maha Rajo Gerang mengapresiasi kepedulian pemerintah kabupaten terhadap nilai-nilai sejarah di daerah setempat.

"Dengan dibangunnya kantor camat ini sudah membuat kami senang, terlebih dibuat dengan arsitek istana Kerajaan Indrapura," kata dia.

Ia berharap dengan diresmikannya pembangunan kantor camat Pancung Soal berbagai macam pelayanan semakin baik dan berkualitas.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK setempat, Lisda Hendrajoni yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, anggota forkompimda setempat, kepala perangkat daerah dan tokoh masyarakat.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar