Ini solusi BPBD Padang atasi abrasi Tugu Merpati Perdamaian

id abrasi monumen mercati perdamaian,berita padang, berita sumbar, abrasi pantai, pantai padang

Ini solusi BPBD Padang  atasi abrasi Tugu Merpati Perdamaian

Foto perbandingan, warga berkunjung pada Januari 2019 (kiri) dan kondisi Agustus 2019 (kanan) di Monumen Merpati Perdamaian, Padang, Sumatera Barat. (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mendesain konstruksi sipil dan vegetasi mengatasi abrasi yang menerjang Tugu Merpati Perdamaian di Pantai Padang.

"Untuk menangani ini akan didesain konsep proteksi abrasi dengan memadukan konstruksi sipil dan vegetasi yang dapat menjaga aset wisata sekaligus sebagai mitigasi bencana," kata Kepala BPBD Padang Barlius di Padang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal itu saat melakukan peninjauan lapangan ke Tugu Merpati Perdamaian bersama ,Asisten Ekbangkesra Hermen Peri, Kadis PUPR Padang Yenni Yuliza, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Padang Arfian, Direktur Mitigasi Bencana BNPB Medi Herlianto, pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, perwakilan PT Kunango Jantan dan perwakilan PT Turbo Bangun Indonesia serta lainnya.

Menurut dia untuk penanganan abrasi di sekitar Tugu Merpati Perdamaian akan dibuat offshore breakwater atau pemecah gelombang lepas pantai.

"Kemudian juga akan dilakukan dengan cara soft solution atau non struktur berupa penanaman pohon," ujarnya.

Ia menyampaikan penanganan non struktural akan disiapkan oleh BPBD Kota Padang sementara untuk penanganan pemecah gelombang lepas pantai akan dilaksanakan Balai Wilayah Sungai Sumatera V.

"Konsep pembangunan tersebut akan dikembangkan sepanjang Pantai Padang secara bertahap dan diprioritaskan untuk kawasan hutan pantai,” kata dia.

Sebelumnya pondasi Tugu Merpati Perdamaian yang terletak di kawasan Muaro Lasak Pantai Padang rusak dihantam ombak sehingga tergerus dibawa air laut sejak Agustus 2019.

Guna melakukan pengamanan sementara tugu Merpati Perdamaian telah dilakukan pemasangan karung pasir dan batu besar sebagai antisipasi datangnya ombak yang dikhawatirkan menambah kerusakan pondasi Tugu Perdamaian.

Monumen Merpati Perdamaian tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 April 2016 di Taman Muaro Lasak, Padang.

Peresmian monumen ini merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara yang digagas TNI Angkatan Laut yang lebih populer disebut Multilateral Naval Exercise Komodo 2016.

Monumen Merpati Perdamaian menjulang setinggi delapan meter yang terbuat dari metal menyerupai kertas origami.

***3***
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar