25 ribu pelamar berebut 603 formasi CPNS Sumbar

id logo CPNS

25 ribu pelamar berebut 603 formasi CPNS Sumbar

Logo (Lima Honorer K1 Pemkab Gorontalo Resmi CPNS)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 25.129 orang pelamar akan berebut 603 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dibuka di Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada 2020.

"Tahap administrasi telah selesai. Tinggal menunggu jadwal untuk ujian," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gafar di Padang, Selasa.

Menurutnya dalam proses adiminstrasi tersebut ada 26.892 orang yang memasukkan berkas. Setelah seleksi administrasi secara online, hasilnya terdapat 25.077 yang lulus adiministrasi.

Kemudian diberikan waktu sanggahan, terdapat sebanyak 849 memberikan sanggahan. Dari jumlah itu, terdapat sebanyak 53 orang tidak memenuhi syarat (TMS). Kemudian karena ada perbedaan klasifikasi pendidikan, satu orang dari yang sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat, kemudian dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Jadi total yang lolos adiministrasi untuk dapat mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) adalah 25.129 peserta," sebutnya.

Sementara untuk jadwal SKD, Pemprov Sumbar belum mendapatkan jadwal pasti dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun jadwal resmi tersedia yakni tanggal 27 Januari hingga 28 Februari 2020. Sementara, Pemprov Sumbar telah mengajukan jadwal pada 27 Januari 2020, dengan rentang sekitar 11 hari.

"Kita memperkirakan dengan jumlah peserta akan memakan waktu sekitar 11 hari sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada," katanya.

Pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, Pemprov Sumbar mendapat formasi 603, terdiri dari, tenaga pendidikan 336 formasi termasuk didalamnya satu formasi cumlaude. Tenaga kesehatan 159 formasi termasuk tiga formasi untuk cumlaude dan tenaga teknis 108 formasi termasuk 12 formasi disabilitas.

Abdul Gafar mengingatkan masyarakat selalu waspada dengan upaya orag-orang yang tidak bertanggungjawab. Jangan percaya dengan orang-orang yang mengaku bisa melulus dalam ujian CPNS.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar