Astindo Sumbar siap gelar Astindo Travel Fair 2020

id Astindo Sumbar,sumbar

Astindo Sumbar siap gelar Astindo Travel Fair 2020

Ketua Astindo Sumbar,  Nasirman Chan dan Sekjen Astindo Pusat Pauline Suharno saat memberikan keterangan pers terkait persiapan  Astindo Travel Fair (ATF) 2020 yang akan dilaksanakan di Plaza Andalas Padang, 6 sampai 8 Maret 2020 (Antara/Agung Pambudi)

Padang, (ANTARA) - Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sumatera Barat untuk pertama kalinya akan menggelar pameran perjalanan wisata Astindo Travel Fair (ATF) 2020 yang dilaksanakan di Plaza Andalas Padang, 6 sampai 8 Maret 2020.

Ketua DPD Astindo Sumbar, Nasirman Chan di Padang, Kamis, menyebutkan pihaknya akan menyediakan 40 booth bagi pelaku wisata di Sumbar maupun luar negeri yang berminat mengikuti ajang tersebut.

"Kegiatan ini perdana kami gelar. Tujuannya pasti adalah sebagai langkah untuk meningkatkan promosi destinasi wisata di Sumbar dan membuka peluang relasi para anggota Astindo atau kawan-kawan travel di Sumbar dengan pihak luar," katanya.

Disamping itu, kegiatan nantinya juga mendatangkan pihak pemilik destinasi wisata dan hotel dari luar negeri untuk mengenalkan produk- produk wisatanya. Selain itu, ajang tersebut juga menjadi sarana promosi produk UMKM dari Sumbar dan daerah lainnya.

"Pada kesempatan itu nanti kami juga akan menampilkan atraksi silat yang sudah ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya Indonesia, serta atraksi Barongsai dan festival gandang tasa," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya dalam kegiatan itu juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal memilih travel agen untuk mengikuti ibadah umroh, serta menyediakan doorprize lomba karya tulis jurnalistik bidang pariwisata yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar.

Sekjen Astindo Pusat, Pauline Suharno menyebutkan ATF merupakan kegiatan rutin tahunan Astindo yang sudah digelar di Jakarta, Surabaya, Bali, Palembang dan menyusul saat ini Kota Padang yang pertamakalinya pada tahun ini.

"Astindo Travel Fair diharapkan supaya bermanfaat untuk seluruh anggota Astindo, bukan hanya travel agen besar saja yang berkesempatan berjualan atau berpameran, tapi travel agen dari skala kecil, menengah mempunyai kesempatan yang sama dengan travel agen besar untuk berpameran bersama-sama dan mendapatkan harga khusus yang sama dari maskapai penerbangan," katanya.

Ia mengungkapkan, di Jakarta, ATF didukung oleh 13 maskapai penerbangan full service berbayar, seperti Garuda, Emirates, Singapore Airline, Cathay dan lainnya.

Pauline mengungkapkan, pihaknya dalam kesempatan itu juga memberikan edukasi kepada customer agar terbiasa melakukan perencanaan jauh-jauh hari jika melakukan perjalanan liburan. Selain itu juga mengimbau customer untuk terbiasa menggunakan jasa asuransi.

Ia menambahkan, dalam ATF pihaknya juga selalu menonjolkan destinasi-destinasi baru. Pada tahun ini medical tourism, dimana orang Indonesia banyak sekali menggunakan jasa rumah sakit di luar negeri untuk perawatan, pengobatan dan perawatan kecantikan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar