Tourism Malaysia yakinkan masyarakat Sumbar, Malaysia aman untuk dikunjungi

id Astindo, Malaysia Torism, padang, corona

Tourism Malaysia yakinkan masyarakat Sumbar, Malaysia aman untuk dikunjungi

Sejumlah penggelola wisata di Malaysia dalam kegiatan Astindo Travel Fair di Kota Padang, (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Direktur Tourism Malaysia Medan Hishamuddin Mustafa menyakinkan masyarakat Indonesia, khususnya warga Sumatera Barat bahwa Malaysia aman untuk dikunjungi wisatawan walaupun saat ini marak terjadi Corona Virus Desease (Covid-19).

"Kami tidak memungkiri Covid19 mempengaruhi tren berpergian ke luar negeri saat ini, " kata dia di Padang, Minggu

Menurut dia terjadi penurunan jumlah wisatawan mancanegara terjadi di hampir semua negara-negara di dunia.

Dirinya meyakinkan Malaysia adalah negara yang berpengalaman dalam mengatasi ancaman wabah atau virus.

Pemerintah Malaysia telah membentuk satu badan yang dinamakan Tourism Recovery Committee untuk memantau perkembangan serta penanganan terhadap jangkitan COVID19 di Malaysia.

"Kami sampaikan Malaysia is safe, dan kami mengundang para pelancong dari Indonesia khususnya Sumatera Barat untuk datang dan merasakan pengalaman yang menyenangkan di Malaysia," kata dia.

Selain itu ada beberapa hal yang membuat Malaysia menjadi tujuan warga Sumbar. Pertama tiket pesawat yang murah dan penerbangan langsung sebanyak tiga kali sehari tentu mendekatkan jarak kedua negara tersebut

Selain itu Malysia memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang terbaik dan itu sudah diakui oleh dunia.

"Pelayanan kesehatan baik dan harga cukup bersaing," kata dia.

Tourism Malaysia sendiri saat ini mempromosikan objek wisata unggulannya kepada agen perjalanan wisata se-Kota Padang di Hotel Kriyad Bumiminang dalam kegiatan Astindo Travel Fair yang digelar di Kota Padang

Tourism Malaysia sendiri membawa sejumlah agen perjalan mereka seperti Persatuan Pelancongan Bumiputra Perak, Melaka River Cruise, The Pines Melaka, Glek Hotel Melaka, Perak Adventure Travel, Berjaya Hotel, ITTI dan Mahkota Medical Centre Melaka.

Ia mengatakan kalau mereka yang hadir itu adalah pengelola objek wisata baru dan unggulan di Malaysia. Saat ini banyak tujuan wisata destinasi

baru dan menarik di Malaysia.

Sementara itu Ketua Astindo Sumbar, Nasirman Chan mengatakan kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi antara kedua wilayah yakni Indonesia dan Malaysia.

Selain itu memberikan kesempatan bagi Tourism Malaysia memberikan info terkini tentang pariwisata Malaysia kepada agen perjalan wisata di Kota Padang sehingga memperkuat hubungan bisnis di bidang pariwisata kedua daerah.

Ia berharap kegiatan ini juga akan menambah tingkat kunjungan wisatawan dari Malaysia ke Sumatera Barat.

Menurut dia selama tiga hari agen wisata dari Malaysia akan mengunjungi objek sejumlah wisata unggulan di Sumatera Barat agar mereka membawa informasi bahwa Sumbar adalah daerah yang indah dan nyaman untuk dikunjungi.

"Ada kuliner enak, pemandangannya indah dan juga sambutan dari masyaraka. Ditambahpula penyambutan masyarakatnya pun ramah-ramah," jelasnya.