Camintoran dan HWB dapat sentuhan dana pusat

id Camintoran,Hot Water Boom,Destinasi Wisata Solok Selatan,Pariwisata Solok Selatan

Camintoran dan HWB dapat sentuhan dana pusat

Destinasi wisata Camintoran (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp4,2 miliar untuk membenahi dua destinasi wisata unggulan pada 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna, di Padang Aro, Selasa, mengatakan alokasi dana Rp4,2 miliar diperuntukkan untuk membenahi destinasi wisata Hot Waterboom sebesar Rp1,7 miliar dan Camintoran Rp2,3 miliar.

"Dengan pembenahan ini diharapkan pariwisata Solok Selatan terus berkembang sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan kesini," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk destinasi kawasan Camintoran yang akan dibangun yaitu tempat ibadah, panggung kesenian, kios cinderamata, ruang ganti atau toilet, jalur pejalan kaki

Sedangkan untuk kawasan hot waterboom yang akan dibangun yaitu pergola, lampu taman, pagar pembatas, gazebo, tempat parkir, rambu penunjuk arah dan jalur pejalan kaki.

Dia mengatakan, untuk tahun ini di kawasan Camintoran sudah dialokasikan dana melalui APBD Kabupaten sebesar Rp350 juta untuk membangun kolam, gazebo, perlengkapan homestay dan mobiler.

Selain itu juga ada pembangunan dari Dinas Pekerjaan Umum berupa bangunan serbaguna di kawasan Camintoran.

Sedangkan untuk kawasan Goa Batu Kapal juga terus dibenahi dan pada 2019 sudah dialokasikan dana sebesar Rp1,3 miliar melalui DAK dan sudah dilaksanakan pembangunan tempat ibadah, parkir, panggung kesenian, kios, jembatan dan pergola.

Untuk destinasi tubing, katanya, pada 2019 juga sudah dialokasikan dana Rp200 juta melalui APBD Kabupaten untuk pembangunanjembatan dan pengadaan alat permainan.

Selain itu, katanya, masih 2019 pemerintah daerah juga membangun pemandian air panas Sawah Kareh sebesar Rp100 juta.

"Harapan kami pembenahan berbagai destinasi wisata bisa meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar