Perwakilan 27 provinsi adu hebat masak rendang di TMII, Aceh juara

id Minangkabaufestival,marandang,TMII,Jakarta

Perwakilan 27 provinsi adu hebat masak rendang di TMII, Aceh juara

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial saat meninjau lomba "marandang" pada salah satu anjungan di TMII, Jakarta. (FOTO ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Perwakilan dari 27 provinsi di Indonesia adu hebat dalam mengolah daging menjadi kuliner khas Minang, rendang dalam rangkaian acara Festival Minangkabaudi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu.

Peserta yang merupakan tim, bahu membahu meramu rempah menjadi bumbu untuk memasak kuliner yang pernah meraih predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNNTravel pada 2017 itu.

"Banyak keseruan selama proses 'marandang' atau lomba memasak rendang yang diharapkan bisa menjadi pengalaman membekas bagi peserta, sehingga tertarik untuk datang ke Ranah Minang," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrialsaat dihubungi di Jakarta dari Padang, Minggu.

Ia menceritakan ada yang seru-seruan memasak sambil bergoyang. Ada pula yang membawa keluarga dalam tim untuk berlomba membuat rendang terbaik. Semua peserta terlihat antusias untuk bisa menjadi yang terbaik.

Namun lomba "marandang" itu bukan hanya untuk memberikan pengalaman pribadi pada peserta. Mereka juga diharapkan bisa menjadi "agen" promosi daerah dengan mengunggah keseruan lomba di media sosialnya.

Peserta dari Aceh berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba marandang disusul tim dari Kalimantan Timur dan Jawa Barat.

Sementara Bali, Kalimantan Selatan dan Riau berhasil menjadi pemenang harapan secara berurutan.

Selain lomba marandang Festival Minangkabau itu juga menghadirkan bincang-bincang terkait kuliner Minang dengan anggota DPRNevi Zuairina dan chef Marco Lim dan Vita Datau.

Festival Minangkabauitu juga menghadirkan permainan KIM, salah satu permainan khas Minang yang memadukan dendang dan keberuntungan, demikian Novrial.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar