Bundo Kanduang bantu program pemerintah

id Bundo Kanduang,maksud Bundo Kanduang,kota solok

Bundo Kanduang bantu program pemerintah

Bundo Kanduang mendengarkan arahan Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat peringatan Hari Ulang Tahun Bundo Kanduang Kota Solok ke 45. (Antara/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier menyebutkan jika Bundo Kanduang atau pemimpin perempuan dalam keluarga Minangkabau membantu berbagai program pemerintah dalam memajukan daerah.

"Banyak program dan kegiatan yang telah dilakukan Bundo Kanduang Kota Solok, seperti sosialisasi adat dan budaya, berbagai acara adat Solok, melestarikan nilai-nilai budaya dengan memakai pakaian adat dan lainnya," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Rabu.

Hal itu disampaikan saat perayaan ulang tahun ke 45 Bundo Kanduang di Kubuang Tigo Baleh.

Selain itu, Bundo Kanduang juga berperan dalam berbagai kegiatan pemberdayaan perempuan dan pembentukan karakter generasi muda di era yang milineal seperti sekarang ini.

"Generasi muda membutuhkan kita, juga Bundo Kanduang untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan istiadat," sebutnya.

Menurutnya, peran Bundo Kanduang penting dalam menjaga dan merawat generasi muda agar siap menghadapi masa depan yang semakin berubah dengan cepat seperti sekarang ini.

"Semoga Bundo Kanduang Kota Solok menjadi contoh untuk Sumatera Barat dalam membantu memberdayakan masyarakat khususnya perempuan sehingga lebih maju dan berpegang teguh pada adat istiadat," ujarnya.

Sementara itu, Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra mengatakan adanya Bundo Kanduang melestarikan adat budaya dan membantu berbagai program pemerintah.

"Berbagai program pemerintah memberdayakan Bundo Kanduang seperti pelestarian adat dan budaya, festival dan pidato adat, program PKK dan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, Bundo Kanduang mempunyai tugas dalam meningkatkan sumber daya perempuan dan remaja dalam zaman yang semakin maju ini.

Terutama generasi muda banyak yang kurang mengetahui tentang nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

Peran Bundo Kanduang diharapkan terus berjalan dalam mengadakan berbagai sosialisasi, lomba pakaian adat, dan mendidik anak dengan sopan santun.

Ia juga mengajak Bundo Kanduang dan organisasi wanita lainnya dalam mengarahkan generasi muda kembali ke surau. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar