Masyarakat Sumbar akan lebih dilibatkan dalam pengembangan pariwisata

id pariwisata sumbar,pengembangan pariwisata sumbar,dinas pariwisata sumbar

Masyarakat Sumbar akan lebih dilibatkan dalam pengembangan pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial. ANTARA/ Miko Elfisha

Padang (ANTARA) - Pengembangan destinasi maupun pelaksanaan even wisata di Sumatera Barat akan lebih melibatkan masyarakat agar semua bisa merasakan manfaat, terutama dalam peningkatan kesejahteraan.

"Karakter masyarakat kita kalau diajak terlibat akan mendukung, tapi kalau ditinggalkan bisa jadi penghalang. Karena itu ke depan, kita harus lebih memperhatikan karakter ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Rabu.

Menurutnya beberapa even yang ada di Sumbar saat ini sudah mulai memahami pentingnya dukungan masyarakat dan telah mulai merangkul mereka dalam pelaksanaan kegiatan.

Efeknya nampak jelas dalam dukungan masyarakat pada even tersebut, seperti Festival Ekonomi Kreatif di Payakumbuh beberapa waktu lalu.

Novrial mengatakan ke depan even-even besar seperti Tour de Singkarak juga harus bisa lebih melibatkan masyarakat. Mereka tidak hanya menjadi penonton di pinggir jalan. Tetapi mungkin bisa ikut terlibat dalam kegiatan pendukung di garis start atau finish.

Ia menyebut konsep itu akan coba dirapungkan untuk diterapkan pada even-even besar itu ke depannya.

Selain itu, peningkatan sumber daya manusia di sektor pariwisata juga menjadi fokus untuk dilakukan secepatnya baik internal Dinas Pariwisata Provinsi dan kabupaten/kota, sektor pendukung seperti pemandu wisata hingga masyarakat.

Pada 2019, terdapat tiga even dari Sumbar yang masuk dalam "calender of even" nasional yaitu Pasa Harau Art & Culture Festival 2019 pada 9-11 Agustus 2019, Tour de Singkarak pada 2-10 November 2019 dan Festival Pesona Budaya Minangkabau pada 4-7 Desember 2019.

Namun selain even itu, Sumbar punya banyak even besar yang sesungguhnya sejajar dengan tiga even tersebut dan sangat pantas untuk dinikmati.