GIBEI Unand Ruang Saham bagi Kaum Muda

id saham,mahasiswa main saham,beit apadang,berita saham padang,berita sumbar

GIBEI Unand Ruang Saham bagi Kaum Muda

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Universitas Andalas (Antara/Atik Risalah

Padang (ANTARA) - Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Universitas Andalas yang berfokus pada pembahasan pasar modal, khususnya saham menjadi sebuah wadah bagi mahasiswa yang tertarik dan ingin lebih dalam mempelajari hal tersebut

Direktur Utama GIBEI Unand Iqbal Faturahman mengatakan, sejauh ini mahasiswa Ekonomi memiliki minat terbesar dengan saham. Selain sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan, beberapa mahasiswa yang tergabung juga terinspirasidari orang yang berinvestasi.

Namuntidak dipungkiri juga fakultas teknik, hukum, dan lainnya juga ikut andil dalam kepemilikan saham. Adanya sosialisasi dari GIBEI menjadi faktor mahasiswa tertarik dengan saham.

“Saya sendiri juga sering jual beli saham. Ada beberapa saham yang memang saatnya untuk dijual, dan dari awal saya juga sudah berencana menjualnya diharga tertentu dan tentunya saya dapat profit dari jual beli saham tersebut”, ujar Iqbal (5/11/19).

Iqbal menjelaskan hal yang memotivasinya memiliki saham. Ia mengatakan jika seseorang sudah menanamkan modal saham di suatu perusahaan, maka prinsipnya uang yang akan bekerja untuk kita. Sehingga aset kita itulah yang nantinya akan menghasilkan untuk kita.

Beberapa saham yang dimiliki Iqbal saat ini yaitu saham Sidomuncul (SIDO) yang salah satu produknya adalah tolak angin. Saya putuskan untuk beli sahamnya karena harga yang terjangkau, kinerjanya baik, dan produknya cukup terkenal.

Modal yang ia gunakan untuk sahamnya sekitar Rp 500 ribu. Ia juga melakukan "diversifikasi" terhadap sahamnya. Adapun keuntungan yang didapatnya hingga kini mencapai lebih dari 20% dari modal yang ia berikan.

Senada dengan hal tersebut, Rehan Maulana yang juga merupakan staff Humas GIBEI juga menjelaskan alasannya tertarik memiliki saham.

"Ketika seseorang memiliki saham, maka ada dua keuntungan yang akan didapatnya. Pertama, ia akan mendapat dividen, yaitu hasil dari laba perusahaan kepada pemegang saham di setiap tahunnya. Keuntungan kedua mendapatkan capital gain, yaitu selisih untung atas kenaikan harga saham", ujar Rehan.

Rehan mengatakan saat ini dirinya sudah memiliki akun saham, dan sudah cukup lama bertransaksi. Beberapa saham yang ia miliki seperti Indosat, Telekomunikasi, Bank Mandiri, Bank BNI, Metrodata Electronic dan beberapa lainnya.

Modal yang digunakan Rehan untuk semua saham yang ia miliki lebih kurangRp 5 juta. Keuntungan yang ia dapatkan dari masing-masing sahamnya bervariasi. Rata-rata bisa 5 atau 10 persen, ataupun lebih.

Penulis merupakan mahasiswa magang di portal www.sumbar.antaranews.com

Baca juga: E-mail Tak Pengaruhi Masyarakat Mengirimkan Surat ke Kantor Pos

Baca juga: Drink coffee and read some books in The Rimba Bulan reading room

Baca juga: Sempat buron, berkas Arif tersangka korupsi los lambung Bungus diserahkan ke Kejaksaan