Indeks kepuasan masyarakat terhadap Pemko Payakumbuh sebesar 81.86 persen

id Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ,Indeks Kepuasan Masyarakat,Payakumbuh

Indeks kepuasan masyarakat terhadap Pemko Payakumbuh sebesar 81.86 persen

Penyampaian hasil survey di Payakumbuh (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Berdasarkan survei Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP, indeks kepuasan masyarakat Kota Payakumbuh terhadap kinerja atau pelayanan publik Pemkot Payakumbuh mencapai 81.86 persen.

"Angka itu masuk kriteria tinggi artinya masyarakat cukup puas dengan pelayanan Pemko Payakumbuh," kata Ketua LP2M UNP Prof. Yasri di Payakumbuh, Kamis.

Rinciannya adalah komponen Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Lingkungan Hidup dan Sosial sebesar 88,9 persen dengan kriteria tinggi.

Kemudian IKM untuk pelayanan administrasi sebesar 84,5 persen dengan kriteria tinggi dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan jujur sebesar 75,6 persen dengan kriteria menengah tinggi.

Sementara untuk IKM terhadap kepemimpinan kepala daerah sebesar 83,1 persen dengan kriteria tinggi

"Untuk sarana dan prasarana IKM sebesar 77,2 persen dengan kriteria menengah tinggi," ujarnya.

Yasri mengatakan hasil survei kepuasan masyarakat ini disampaikan dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai bentuk dukungan teciptanya reformasi birokrasi terhadap pelatanan publik.

FKP merupakan implementasi Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"FKP ini dilaksanakan dalam rangka memecahkan masalah atau mencari solusi terkait dengan pelayanan publik yang ada di Kota Payakumbuh," kata Asisten II Setdako Payakumbuh, Elzadaswarman.

Asisten II mengatakan dalam kurun waktu lima tahun terakhir perkembangan kualitas pelayanan publik di Kota Payakumbuh terus meningkat, hal ini bisa dilihat dari hasil survey yang dilakukan setiap tahunnya.

"Hal ini dapat dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai sangat baik yang diberikan oleh Kemenpan-RB Tahun 2019," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar