Guru SMKN Pesisir Selatan dibekali penggunaan software engineering

id UNP,tridarma,SMK,pesisir selatan,sumatera barat

Guru SMKN Pesisir Selatan dibekali penggunaan software engineering

Pembekalan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) di Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mendapat pembekalan tentang penggunaan program software engineering NI Multisim dari tim dosen Teknik Elektro FT Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat. (ist)

Padang (ANTARA) - Para guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) di Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mendapat pembekalan tentang penggunaan program software engineering NI Multisim dari tim dosen Teknik Elektro FT Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat.

Pelatihan software multisim digelar di SMKN tingkat kabupaten itu, tak terlepas dalam upaya menunjang proses belajar mengajar agar lebih efektif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang.

Software multisim merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk menggambar dan mensimulasikan perilaku rangkaian elektronika baik analog maupun digital. Software Multisim ini berguna untuk memodelkan berbagai rancangan rangkaian, menguji suatu rangkaian dengan berbagai kemungkinan komponen dan memeriksa sifat dari keseluruhan rangkaian dengan melakukan analisis AC/DC atau transient, kata Ketua Tim Pengabdian Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd seperti dalam rilis diterima, Jumat.

Namun, masih jarang dilakukan di sekolah-sekolah di tanah air karena ada beberapa faktor yang menjadi kendala, salah satunya adalah karena pesatnya perkembangan dunia industri, kurangnya kemampuan dalam menggunakan software, peralatan dengan teknologi canggih dan modern serta minimnya ketersediaan peralatan.

Kemudian kendala pada fasilitas pembelajaran dan rendahnya kompetensi guru menjadi hal yang masih perlu dipecahkan secara terus menerus, termasuk di SMK Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal ini juga yang melatarbelakangi, tim dosen Universitas Negeri Padang untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang “Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMK Melalui Pelatihan Pelatihan Software Engineering di Kabupaten Pesisir Selatan”, Tim dosen UNP dengan ketua Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd. anggota 1 Asnil, S.Pd., M.Eng, dan anggota 2 Husnaini, ST., MT.

Ia mengatakan, agar kegiatan belajar lebih efektif dan maksimal sesuai perkembangan dunia industri maka para guru perlu dilatih untuk menguasai software engineering, salah satunya adalah Software NI Multisim.

“Kegiatan pelatihan digelar pada 1-4 Oktober di SMK Negeri 1 SUTERA yang diikuti oleh 15 orang guru dari MGMP TAV Kabupaten Pesisir Selatan,” sebut Fivia yang juga Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNP ini.

Selama ini, kata Fivia, siswa hanya menggunakan software yang sederhana saja dalam proses pembelajaran dan guru masih kurang pengetahuannya tentang software NI multisim serta rendahnya kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran, sedangkan perkembangan dunia industri saat ini dapat dikatakan berkembang dengan pesat.

Penggunaan peralatan dengan teknologi canggih dan modern sudah menjadi hal yang umum dan hampir setiap industri menerapkannya. “Untuk itu, guru dituntut untuk bisa menggunakannya, agar siswa siswi SMK yang akan terjun ke dunia lapangan kerja tidak canggung dalam menggunakannya,” sarannya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan guru mampu memanfaatkan software-software engineeringni multisummeningkatkan kompetensi dan mampu menggunakan aplikasi yang digunakan untuk mengemas konten yang disiapkan menjadi kesatuan yang menarik dan berkualitas, pungkas Fivia.

Sementara itu, Asnil, S.Pd., M.Eng, menyebutkan salah satu software engineering yang bisa digunakan sebagai alternatif pembelajarnya itu software NI multisim.

Melalui software NI multisim, guru dapat memodelkan berbagai rancangan rangkaian, menguji suatu rangkaian dengan berbagai kemungkinan komponen dan memeriksa sifat dari keseluruhan rangkaian dengan melakukan analisis AC /DC atau transient, tambahnya.

“Penting bagi guru untuk mengetahui cara menggunakan Sofware Engineering (Software NI Multisim) yang dapat dipergunakan untuk menunjang pembelajaran sekaligus meningkatkan rasa percaya diri, profesionalitas mereka,” kata Dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Teknik UNP.
Tim Dosen Teknik Elektro FT Universitas Negeri Padang (UNP) foto bersama usai gelar pelatihan software engineering NI Multisim di SMKN 1 Sutera. (ist)


Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar